Loading...

6 Jenis Makanan Penyebab Mual dan Muntah

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

MUAL

TERUSKAN.COM – Mabuk saat melakukan perjalanan jauh adalah satu keadaan yang banyak ditakuti para wisatawan dan pastinya sangat mengganggu. Bukan hanya dari kondisi jalan, udara atau cuaca yang memicu munculnya rasa mabuk atau mual saat perjalanan, melainkan makanan yang Anda konsumsi sesaat sebelum melakukan perjalanan biasanya memberikan pengaruh besar terhadap kondisi Anda nantinya.

Ada beberapa jenis makanan tertentu penyebab mual dan muntah yang harus Anda hindari ketika akan melakukan perjalanan. Apa saja? Simak artikel di bawah ini seperti yang dilansir dari boldsky.com.

Loading...

1. Gorengan

Makanan ini menjadi makanan yang harus dihindari saat akan melakukan perjalanan jauh.

Makanan yang digoreng mungkin enak untuk dimakan saat perjalanan sebagai cemilan, namun akan mempengaruhi proses pencernaan dan dapat membuat Anda merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

2. Alkohol

Anda mungkin memilih untuk meminum segelas cocktail sebelum melakukan perjalanan melalui darat atau udara, namun alkohol akan menyebabkan masalah dehidrasi.

Selain itu, alkohol juga akan membuat Anda berada dalam keadaan kondisi mabuk parah saat melakukan perjalanan.

3. Keju dan Daging Beku

Banyak para wisatawan yang memilih membeli sepotong sandwich dengan keju atau daging untuk dimakan sebelum bepergian.

Anda memang akan merasa kenyang, namun menyantap makanan dengan keju dan daging beku mungkin mengandung bakteri dan mikro-organisme yang akan membuat Anda mabuk sepanjang perjalanan.

4. Makanan Non-Vegetarian

Anda tahu bahwa makanan non-vegetarian seperti ikan, ayam dan daging merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna atau diproses.

Jadi, ketika Anda bepergian, hindari mengonsumsi makanan ini karena akan membuat perut dalam keadaan yang kurang nyaman bahkan membuat Anda sulit untuk buang air. Memilih makan banyak sayuran lebih baik dibandingkan mengonsumsi daging.

5. Susu dan Produk Susu

Susu dan produk susu memiliki kemampuan untuk membuat Anda merasa mual dan mabuk sepanjang perjalanan.

Jika Anda rentan terhadap mabuk, makanan ini hanya akan memperburuk keadaan. Ini adalah makanan yang harus dihindari ketika bepergian, terutama jika Anda bepergian dengan menggunakan kendaraan.

6. Makanan Berat

Anda mungkin berpikir menyiapkan bekal seperti nasi dan lauk pauk yang akan menemani Anda sepanjang perjalanan lebih baik karena Anda tidak perlu singgah untuk makan atau akan membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Kenyataannya, mengonsumsi makanan berat saat dalam perjalanan hanya akan membuat Anda merasa mual dan berpotensi untuk mengeluarkan kembali makanan yang Anda konsumsi sebelumnya.

Jadi, jika Anda memang ingin mengkonsumsi makanan berat, ada baiknya lakukan hal tersebut beberapa jam sebelum melakukan perjalanan sehingga dapat tercerna dengan baik.

**

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat akan melakukan perjalanan. Menyiapkan buah dan biskuit serta air minum akan lebih baik menemani perjalanan panjang Anda dibanding harus memilih salah satu dari jenis makanan di atas.

Semoga bermanfaat.