Loading...

6 Langkah Efektif Meredakan Tangisan Bayi

Penulis: Visyam89 Rubrik: Keluarga

bayi menangis

TERUSKAN.COM – Saat bayi lahir, dia pasti menangis. Jika tidak, biasanya dokter atau bidan berusaha untuk membuatnya menangis. Karena saat bayi bisa menangis berarti dia sehat dan sebaliknya.

Fakta juga membuktikan bahwa menangis bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tetapi tidak berarti kita harus membiarkan bayi menangis dalam waktu lama atau secara terus menerus, kita harus waspada juga dengan tangisan tersebut.

Loading...

Entah karena salah perawatan, digigit semut, sakit, atau karena yang lain, anda harus mencari penyebabnya. Lama-kelamaan suara tangisan membuat anda dan seisi rumah merasa pusing karena terganggu, khawatir, dan takut. Untuk itu anda harus mempunyai langkah-langkah yang mampu menghentikan tangisan sang bayi dengan cepat.

Jika memang tidak karena faktor dia sakit atau tanpa sebab atau mungkin saja dia ingin diperhatikan, anda bisa menggunakan cara berikut ini:

Berikan susu

Jika bayi anda menangis hal pertama yang harus dilakukan adalah segera berikan dot atau susui dia. Dengan mengedot bayi lebih cepat tenang karena membuat detak jantung stabil serta menenangkan perutnya.

Bayi akan merasa senang jika perutnya kenyang dan rasa hausnya terpenuhi. Jadi inilah sebagai pertolongan pertama saat bayi anda menangis.

Peluk dan dekaplah si bayi

Bayi sangatlah senang berada di tempat yang hangat, apalagi jika ia didekap oleh ibunya. Dia akan merasakan kehangatan dan kasih sayang dari ibu. Dekaplah dan berikan dia ciuman lembut serta beri dia tatapan yang nyaman.

Dia akan lebih tenang karena adanya ikatan batin antara ibu dan anak. Bayi sangatlah sensitif dengan perasaan dan hati seseorang yang mendekapnya.

mengatasi bayi menangis

Dengarkanlah musik

Bayi senang apabila mendengarkan lantunan nada yang lebut, dengarkanlah musik yang slow agar dia lebih tenang dan mudah tertidur. Selain itu, musik juga mempunyai dampak baik untuk kecerdasan otaknya.

Musik memacu perkembangan otaknya dalam berpikir dan mengolah informasi. Tetapi jangan terlalu dekat, apalagi jika musik itu berasal dari HP karena gendang telinganya masih belum kuat dan radiasi HP tidak baik untuknya.

Bawa dia keluar

Mungkin dia gerah berada di rumah, terasa sumpek susah bernapas. Bawalah dia keluar rumah, dengan udara terbuka bayi anda terasa bebas. Dia senang bisa melihat indahnya dunia luar, sinar matahari yang terang, langit biru, dan angin berhembus secara perlahan.

Bayi lebih senang diajak berjalan-jalan ke sana-kemari, mendengarkan keramaian atau melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata kita. Hal itu juga sebagai adaptasi dirinya terhadap lingkungan.

Berikan pijatan

Selain haus, lapar, takut, bayi menangis karena capek akibat gerakan-gerakan tubuhnya atau digendong. Nah, berikan pijatan lembut pada tubuhnya, hal itu akan mengurangi rasa pegal di tubuhnya.

Pijatan anda juga mampu menambah ikatan batin antara seorang ibu dan anak. Selain itu, merangsang dan melatih anggota tubuhnya menjadi sehat dan kuat.

memijat bayi

Selimuti tubuhnya

Bisa saja bayi anda merasa kedinginan, lalu dia menangis untuk memberitahu anda. Selimutilah seluruh tubuhnya atau dibedong, dengan begitu dia bisa tidur nyenyak.

Dia belum bisa menyesuaikan suhu tubuh saat dia sedang berada di dalam perut dan saat lahir di luar. Kehangatan sangat dia butuhkan, terutama pada malam hari sehingga dia terlelap sampai pagi.

**

Cukup singkat dan mudah bukan? Untuk menjadi seorang ibu yang baik tidak akan sesulit apa yang anda bayangkan. Dengan rasa kasih sayang yang tulus dan keinginan yang besar untuk merawatnya, bukan mustahil bagi anda menjadi ibu yang sukses.

Ingat, Anda harus selalu berada kapanpun saat anak membutuhkan, karena peran ibu sangatlah penting untuk keberhasilan pertumbuhan dan pendidikannya nanti.