Loading...

Ramuan Obat Batuk Berdahak Alami Untuk Anak

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
Ramuan Obat Batuk Berdahak Alami Untuk Anak

Ramuan Obat Batuk Berdahak Alami Untuk Anak

TERUSKAN.COM – Batuk pada anak-anak adalah hal yang biasa terjadi, apalagi jika kondisi imunitas si anak juga menurun. Ada banyak faktor yang dapat memicu munculnya batuk pada anak, seperti perubahan cuaca yang ekstrim, debu atau karena infeksi saluran napas.

Secara umum batuk pada anak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Kedua jenis batuk ini jelas berbeda cara penanganan dan pengobatannya.

Loading...

Saat batuk menyerang, kondisi tubuh anak juga perlahan akan ikut terganggu, termasuk nafsu makan, mood dan anak-anak cenderung lebih rewel dari biasanya. Keadaan seperti ini jelas akan ikut mempengaruhi keberhasilan dan lama proses pengobatan yang diberikan kepada mereka.

Perlu dicatat bahwa batuk berdahak pada anak harus segera diobati karena bila dibiarkan terlalu lama bisa memperparah infeksi pada saluran pernafasan. Selain itu, dahak yang mengental dalam tenggorokan akan menyumbat saluran pernafasan dan membuat anak semakin menderita.

Mengobati batuk pada anak merupakan sebuah tantangan tersendiri. Selain harus lebih berhati-hati menggunakan obat batuk berbahan kimia, memberikan obat batuk pada anak juga membutuhkan kesabaran dan keuletan karena biasanya anak sulit mengkonsumsi obat batuk yang diberikan.

Obat batuk berdahak untuk anak yang diramu dari bahan-bahan tradisional pada prinsipnya jauh lebih baik dibandingkan obat batuk berdahak atau obat flu yang dibeli di apotik. Berikut adalah 2 macam ramuan alami untuk mengobati batuk berdahak pada anak, yaitu:

Ramuan Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk nipis berkhasiat untuk meredakan batuk berdahak. Cara membuatnya adalah dengan menyediakan 2 sendok makan perasan air jeruk nipis lalu ditambahkan dengan 4 sendok makan madu asli.

Campuran jeruk nipis dan madu ini kemudian dicampur lagi dengan 5 sendok makan air matang yang dingin, aduk hingga merata dan hangatkan. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga terasa hangat-hangat kuku. Berikan obat batuk berdahak tersebut kepada anak satu sendok makan dengan dosis empat kali sehari.

Ramuan jeruk nipis dan madu ini telah terbukti sangat efektif untuk meredakan batuk berdahak pada anak dan bisa mengurangi sakit pada tenggorokan anak. Hanya saja, ramuan ini tidak boleh diberikan kepada bayi berusia dibawah satu tahun.

Ramuan Air Perasan Daun Pare

Sejak dahulu daun pare dikenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Rasanya yang ekstra pahit menyimpan kegunaan yang sangat luar biasa untuk manusia. Khusus untuk mengobati batuk berdahak, cukup sediakan 7 (tujuh) lembar daun pare segar lalu dicuci hingga bersih.

Selanjutnya seduh ketujuh daun tersebut dengan air panas, lalu peras dan saring. Minumkan sebanyak mungkin hasil perasan daun pare ini setidaknya 2 (dua) kali sehari hingga batuk berdahak sembuh. Obat batuk berdahak air perasan daun pare ini sangat cocok untuk anak anak dan juga orang dewasa.

***

Selama anak menderita sakit batuk berdahak, usahakan memberikan minum yang banyak. Jika anak malas mau minum, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan jus atau teh hangat yang bisa menyegarkan tenggorokan.

Sebaiknya jangan memberikan gorengan, minuman dingin serta makanan yang manis-manis seperti permen dan coklat karena akan menghambat proses penyembuhan batuk berdahak pada anak Anda.