Loading...

6 Ciri Dan Gejala Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

gejala tekanan darah tinggi

TERUSKAN.COM – Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum diderita orang, dan menjadi satu penyakit yang paling mematikan. Ini akan menempatkan Anda pada berbagai risiko kesehatan.

Mungkin saja seseorang sedang menderita tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun namun tidak menunjukkan tanda-tanda dari penyakit tersebut.

Loading...

Seseorang akan dikatakan memiliki tekanan darah tinggi saat berada pada keadaan dimana dinding arteri mereka menerima terlalu banyak tekanan secara berulang karena pemompaan darah oleh jantung.

Tekanan darah yang dianggap normal adalah 120/80 mmHg. Jadi saat tekanan Anda berada di atas 140/90 mmHg, maka Anda akan didiagnosis memiliki hipertensi.

Akan tetapi, hal ini tentu saja dapat bervariasi tergantung pada usia dan kondisi fisiologis seseorang. Saat Anda menginjak usia di atas 30 tahun, sebaiknya Anda selalu memantau tekanan darah secara teratur.

Di samping itu, terdapat pula berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Kondisi tersebut adalah usia, riwayat keluarga, obesitas, aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol.

Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus tanpa untuk waktu yang lama tanpa melakukan upaya pengobatan, maka dapat menyebabkan berbagai masalah serius lainnya seperti gagal ginjal, gangguan jantung dan stroke.

Jadi, saat Anda berada pada risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, sangat penting untuk mengingat beberapa tanda-tanda atau gejala yang menandakan penyakit tekanan darah tinggi tersebut. Dengan mengetahui hal gejala ini, Anda dapat mencari bantuan medis awal dengan mudah.

Sakit kepala

Apabila tekanan darah Anda menunjukkan 180/110 mmHg keatas, sakit kepala bisa merupakan gejala yang menonjol. Tapi, sakit kepala umumnya tidak ditemukan dalam kasus peningkatan ringan tekanan darah.

Sakit kepala umumnya terkait dengan hipertensi maligna, suatu kondisi yang lebih serius.

gejala-hipertensi

Pendarahan hidung

Selain sakit kepala, penderita hipertensi juga akan menunjukkan tanda seperti perdarahan dari hidung. Ini merupakan salah satu tanda yang terjadi selama tahap awal.

Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi dan secara tiba-tiba mengalami pendarahan hidung yang berat dan sulit untuk berhenti, maka akan lebih baik untuk secepat mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda lalu memeriksakan tekanan darah Anda.

Spot darah di mata

Ada kemungkinan bahwa bercak darah atau perdarahan subconjunctival bisa menjadi tanda-tanda bahwa Anda sedang mengalami tekanan darah tinggi atau diabetes.

Ketika hal ini terjadi, Anda harus memeriksakan diri ke dokter mata untuk memeriksa cacat pada saraf optik. Jika tidak berhubungan dengan mata, tekanan darah perlu dikesampingkan.

Mati rasa pada ekstremitas

Satu lagi tanda awal yang akan sering Anda alami saat mengalami tekanan darah tinggi adalah mati rasa atau kesemutan pada ekstremitas, ini bahkan dapat menjadi tanda awal dari stroke yang diakibatkan karena tingkat tekanan darah yang terlalu tinggi.

Hipertensi yang tidak terkontrol secara konstan akan menghasilkan kerusakan saraf, yang merupakan alasan utama terjadinya gejala ini.

Mual dan muntah

Tanda lain dari tekanan darah tinggi adalah muntah dan mual. Sebenarnya gejala ini bisa diakibatkan karena banyak alasan kesehatan lainnya, oleh sebab itu sebaiknya Anda segera mencari gejala terkait lainnya seperti penglihatan kabur atau sesak napas.

Pusing

Pusing menyajikan dua gejala, ringan dan vertigo. Hal ini tidak boleh diabaikan, terutama jika merasakannya secara tiba-tiba. Pingsan, bersama dengan kehilangan keseimbangan dan kesulitan dalam berjalan dapat menjadi tanda awal dari stroke akibat tekanan darah yang tinggi.