Loading...

6 Cara Merawat Kuas Make-up Agar Tahan Lama

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion, Wanita

cara merawat kuas makeup

TERUSKAN.COM – Kuas make-up dapat memudahkan Anda dalam menerapkan segala jenis kosmetik pada wajah, entah itu blush on, eyeshadow, ataukah lipstik. Satu set kuas make-up tentu dapat Anda gunakan selama bertahun-tahun, tetapi hanya jika Anda tahu bagaimana melakukan perawatan yang tepat.

Kuas yang tidak dibersihkan, atau dibiarkan begitu saja setelah digunakan, akan segera mengumpulkan kotoran, bakteri, dan perlu untuk segera diganti.

Loading...

Nah, maka dari itu penting untuk mengetahui beberapa tips untuk memperpanjang umur kuas kosmetik Anda, seperti berikut ini:

1. Cuci kuas Anda

Kuas harus dibersihkan secara teratur untuk menyingkirkan kumpulan make-up, minyak dari kulit, dan kotoran lainnya. Jika Anda tidak membersihkan kuas Anda, minyak serta kotoran di kuas akan berpindah ke wajah Anda saat digunakan, yang kemudian dapat menyebabkan berbagai masalah kulit pada wajah.

Anda dapat mencuci kuas dengan sikat pembersih atau sampo, tetapi sebaiknya gunakan sesuatu yang cukup lembut untuk membuat kotoran keluar tanpa merusak bulu kuas.

cara merawat kuas makeup

2. Pisahkan kuas yang baru dari yang lama

Selalu ingat bahwa kotoran dan minyak dari satu kuas dapat berpindah ke kuas lain ketika semuanya disimpan secara bersama-sama. Bakteri dari satu kuas juga dapat melompat ke kuas yang berada di dekatnya, sehingga jika digunakan dapat merusak kulit atau bibir.

Untuk itu, jika Anda memiliki kuas yang sudah terbilang lebih tua, sebaiknya simpanlah di lokasi yang terpisah dengan kuas yang baru Anda beli.

3. Membentuk bulu kuas

Cara lain untuk merawat kuas make-up Anda adalah dengan membentuk kembali bulu segera setelah Anda selesai mencucinya. Sebelum mengeringkan kuas, bentuklah bulunya menggunakan jari-jari Anda dengan lembut.

Hal ini akan membuat bulu kering dalam orientasi alami, tidak bengkok atau dalam posisi aneh lainnya.

4. Pelajari cara untuk mengeringkan kuas

Sebuah kuas make-up yang dibersihkan dengan benar namun tidak kering dengan baik, dapat berakhir dalam bentuk yang buruk.

Segera setelah Anda mencuci kuas, sapukan kuas pada handuk untuk menyingkirkan sedikit kelembabannya. Kemudian baringkan kuas make-up Anda pada handuk untuk mengeringkannya.

Pengeringan alami dengan udara adalah cara terbaik untuk mengeringkan kuas Anda, jangan mengeringkannya langsung di bawah sinar matahari karena terlalu banyak panas dapat membuat bulu kuas mudah rusak dan tidak bertahan lama. Biasanya kuas akan memakan waktu hingga 8 jam untuk dapat kering dengan baik.

cara merawat kuas makeup

5. Simpan kuas dalam posisi tegak

Setelah sikat Anda kering, bila memungkinkan simpanlah dalam posisi tegak berdiri dengan bulu berada di bagian atas. Ini akan menghindari bentuk bulu menjadi bengkok atau mengalami kerusakan lainnya.

Jika Anda harus menyimpan kuas secara horizontal, usahakan untuk tidak menimpanya dengan barang lain yang terlalu berat.

6. Jangan berbagi kuas

Meskipun Anda mungkin sesekali meminjamkan kuas Anda kepada teman, hindari membuat hal ini menjadi kebiasaan rutin. Berbagi kuas dengan orang lain hanya akan mendorong pertumbuhan bakteri yang berlebih pada bulu.

Setelah Anda berbagi kuas dengan orang lain, pastikan untuk memberikan pembersihan menyeluruh dan kering sepenuhnya sebelum Anda menggunakannya kembali.