Loading...

7 Tips Penting Memilih Smartphone Android Berkualitas

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Teknologi

smartphone android

TERUSKAN.COMSmartphone berbasis android kini sedang naik daun atau sedang diminati pengguna ponsel pintar. Smartphone jenis ini menawarkan fitur-fitur menarik yang tidak disediakan smartphone jenis lain dengan tampilan interface yang menarik dan dinamis.

Memilih smartphone yang sesuai kebutuhan, sesuai budget yang disediakan dan berkualitas tidaklah mudah, dikarenakan banyak vendor smartphone yang menjamur menawarkan berbagai jenis merk dengan spesifikasi menawan.

Loading...

Namun, tidak semua vendor memperhatikan keseimbangan kinerja smartphone yang dibuat karena menekankan pada biaya produksi yang murah sehingga permintaan masyarakat akan smartphone yang terus meningkat dapat terpenuhi.

Berikut ini beberapa tips memilih smartphone yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan.

Processor, Operating System, RAM

Ketiga komponen ini adalah komponen vital dalam smartphone yang sering diabaikan masyarakat awam dalam membeli smartphone

. Ketiga komponen yang ditanamkan ke dalam smartphone harus seimbang kemampuannya, agar ponsel tidak cepat panas dan kinerja ponsel tidak terhenti karena kemampuan processor yang tidak mampu mengikuti versi sistem operasi yang digunakan.

Idealnya, smartphone dengan sistem operasi terbaru minimal membutuhkan processor sebesar 1Ghz dengan RAM 1GB, untuk keseimbangan kinerja.

Layar

Smartphone memiliki ukuran resolusi layar minimal sebesar 320 x 480 pixel. Namun resolusi layar yang rendah dapat mengakibatkan lambannya proses dalam smartphone terutama saat user melakukan swap dari satu menu ke menu lain, atau dari satu halaman ke halaman lain.

Selain itu rendahnya resolusi layar juga membatasi kemampuan smartphone untuk melakukan multi-tasking(melakukan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan).

Disarankan Anda memilih layar dengan resolusi minimal sebesar 470 x 800 pixel untuk kinerja normal, dan resolusi yang lebih tinggi lagi jika Anda menggunakan smartphone Anda untuk gaming.

smartphone android

Memori

Banyak vendor yang lebih memilih untuk tidak menggunakan external memory, dan lebih memilih untuk memperbesar kapasitas internal memory. Hal ini dapat berbahaya bagi smartphone Anda, terutama jika internal memory sudah terisi setengahnya.

Kinerja ponsel akan melambat, mengingat sangat mudah untuk men-download aplikasi, lagu, maupun menambah file lain ke dalam memory. Ditambah lagi, jika internal memory rusak, akan sulit mendapatkan penggantinya karena keterbatasan jumlah.

Disarankan Anda memilih smartphone yang memiliki slot untuk external memory, sehingga Anda dapat menyimpan file-file penting Anda di dalamnya.

Jaringan

Sebuah smartphone tidak akan lengkap jika Anda tidak dapat melakukan surfing di internet dengan lancar dan mudah. Dalam hal ini pilihlah smartphone yang mendukung akses jaringan 3G atau HSDPA untuk kelancaran surfing internet.

Sebenarnya jaringan lain pun dapat digunakan untuk melakukan akses, namun terlalu lambat dan sering mengalami trouble.

Kamera

Kamera pun menjadi fitur pelengkap smartphone yang kini menjadi incaran utama. Dengan kamera, seorang pengguna dapat mengabadikan momen-momen penting yang mungkin terjadi sekali seumur hidup. Sehingga kualitas kamera yang baik dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang baik pula.

Sebagai pertimbangan, Anda dapat memilih smartphone dengan kamera primer dengan ketajaman minimal 8MP untuk kualitas gambar yang tinggi, dan kamera sekunder dengan ketajaman minimal 2MP untuk menggunakan fitur video call dengan nyaman.

smartphone android

Baterai

Baterai merupakan salah satu nyawa dari smartphone, mengingat smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan audio dan teks, namun juga dengan berbagai media dan aplikasi, dan untuk keperluan lain seperti gaming dan uji coba aplikasi.

Untuk itu minimal Anda memilih baterai berkapasitas 1500 mAh. Sedangkan untuk smartphone dual SIM, Anda disarankan memilih kapasitas baterai sebesar 2000 mAh.

Merk

Calon user juga sangat memperhatikan merk smartphone yang dibelinya baik memang untuk terjaminnya kualitas maupun hanya untuk mengikuti trend smartphone, mengingat banyak sekali vendor china maupun lokal yang kini membanjiri pasar smartphone yang menawarkan spesifikasi menawan.

Dalam hal ini pilihlah merk smartphone yang sudah terkenal memiliki kualitas baik dan memiliki galery berlokasi yang terjangkau dari tempat Anda tinggal untuk berkonsultasi masalah troubleshooting.

Selain itu jangan lupa untuk mendapatkan hak Anda melalui garansi yang disediakan vendor smartphone yang Anda pilih.

**

Selain 7  tips memilih smartphone android di atas, Anda juga hendaknya menyesuaikan smartphone yang akan Anda beli dengan kebutuhan Anda.

Misalnya Anda membutuhkan smartphone yang memiliki grafis yang baik untuk keperluan gaming, maka Anda tidak perlu membeli smartphone yang menyediakan fitur menarik pada kameranya namun tidak memiliki kemampuan yang menunjang kebutuhan gaming.