Loading...

Dua Olahan Berbahan Dasar Kentang

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang sering dijadikan menu pendamping ketika makan, atau bahkan bisa dijadikan pengganti nasi. Sadarkah Anda bahwa kentang bisa diolah menjadi beragam jenis makanan enak?

Mungkin selama ini kita hanya terfokus pada satu jenis olahan kentang, seperti kentang goreng yang memang pada dasarnya sudah banyak di jual di restoran makanan cepat saji yang sudah menjamur. Bahkan kini kentang goreng dalam bentuk mentah juga sudah banyak dijual di supermarket.

Kentang juga bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan enak dan praktis, seperti perkedel kentang isi daging. Atau bagi Anda yang sangat menyukai kentang goreng, mungkin kini harus mencoba untuk membuat potato wedges?

Loading...

Dua Olahan Berbahan Dasar Kentang

Baiklah, berikut adalah 2 olahan berbahan dasar kentang. Simak resep dan cara membuatnya ya.

Perkedel kentang isi daging

Untuk membuat makanan ini, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Kentang
  • Kornet
  • Telur
  • Merica
  • Seledri
  • Garam

Cara mengolahnya cukup mudah, yakni Anda harus mengupas kulit kentangnya terlebih dahulu. Setelah itu, potong-potong kentang, namun jangan terlalu kecil dan kemudian goreng kentangnya hingga setengah matang. Dan kemudian dinginkan.

Sambil menunggu kentangnya dingin, Anda bisa mengocok telur yang sudah disediakan dan memberikan sedikit merica kedalamnya. Kemudian, jangan lupa pula untuk memotong seledrinya juga.

Jika kentang sudah dingin, maka Anda bisa menumbuknya hingga halus. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan potongan seledri, merica, garam, dan berikan juga sebagian telur yang tadi sudah dikocok lepas, lalu kemudian aduk hingga rata.

Tahap selanjutnya adalah mencetaknya sesuai dengan yang Anda mau. Akan tetapi jangan lupa untuk memasukkan kornet yang tadi sudah Anda sediakan. Jika sudah selesai dicetak, celupkan ke dalam kocokan telur sebelum akhirnya di goreng hingga kecoklatan.

Masakan ini bisa disajikan dengan nasi sebagai lauk atau bisa juga dijadikan bekal untuk Anda dan keluarga Anda.

Potato Wedges

Untuk masakan kedua ini sebenarnya cukup mudah untuk dibuat, bagaimana caranya? Baiklah, pertama siapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu:

  • Kentang (akan lebih bagus jika menggunakan kentang dengan ukuran agak besar)
  • Telur
  • Tepung bumbu serba guna

Untuk pengolahannya, Anda bisa memulainya dengan mencuci bersih kentang-kentang tersebut. Usahakan agar kulit kentangnya benar-benar bersih dari kotoran, karena kulitnya juga akan ikut terolah bersama dengan daging kentangnya.

Jika sudah bersih, Anda bisa memotong-motong kentangnya. Untuk pemotongannya tidak dipotong seperti stik kentang, melainkan dipotong melingtang, sehingga bentuknya seperti segitiga, namun bagian bawahnya lonjong.

Jika sudah, Anda bisa mengukusnya hingga matang, namun usahakan jangan terlalu matang (lembek). Jika sudah matang, maka diamkan hingga kentangnya dingin.

Sambil menunggu kentangnya dingin, Anda bisa membuat adonannya, yakni masukkan telur dan tepung bumbu serba guna ke dalam wadah, berikan air dan aduk hingga adonannya merata. Setelah siap, celupkan kentang yang sudah dikukus barusan.

Setelah dicelup ke dalam adonan, celupkan lagi kentang ke dalam tepung bumbu yang kering dan kemudian goreng hingga warnanya kecoklatan.

Bagaimana, mudah dan praktis kan. Anda bisa membuatnya juga sebagai menu sahur atau makan malam setelah berbuka puasa. Selamat mencoba!