Loading...

Cara Mudah Membuat Pindang Ikan Mas

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

pindang ikan mas

TERUSKAN.COM – Anda penyuka ikan? Atau mungkin Anda ingin menyajikan ikan sebagai menu makanan keluarga Anda? Ini merupakan ide yang sangat bagus, kearena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bagus untuk pertumbuhan anak-anak Anda.

Jika Anda bingung harus menggunakan ikan air tawar atau ikan laut atau Anda terbiasa menyajikan menu ikan laut di meja makan Anda, mungkin kini saatnya Anda mencoba untuk mengolah ikan air tawar.

Loading...

Ya, ikan air tawar juga lezat untuk disajikan sebagai hidangan keluarga, jika Anda bosan dengan cara memasaknya yang itu-itu saja, terkadang hanya digoreng, dipepes, atau dibakar, maka kini saatnya bagi Anda untuk mempelajari cara mengolahnya dengan metoda yang berbeda.

Dengan cara apa?

Kali ini disarankan untuk mengolahnya dengan cara dipindang, ini merupakan masakan ala orang Sunda. Jadi tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengolah ikan dengan cara dipindang.

Resep dan Cara Membuat Pindang Ikan Mas

Cara mengolahnya cukup mudah dan bumbu dapur yang digunakan pun cukup simple serta gampang didapatkan. Berikut adalah cara membuat pindang ikan mas.

Sebelum melakukan eksperimen di dapur, sebaiknya Anda siapkan dulu bahan-bahan di bawah ini.

  • Ikan mas (untuk ukurannya sesuai selera, namun akan lebih bagus jika menggunakan ikan mas yang berukuran 1,5 ons/ekornya)
  • Daun Salam
  • Serai
  • Bawang Merah
  • Lengkuas
  • Gula Merah
  • Garam

Jika semua bahan tersebut sudah siap, maka proses dimulai dengan membersihkan ikan, tentu Anda tahu bahwa bagian isi perut ikan harus dibuang dan dibersihkan hingga tak ada darahnya.

Untuk sisiknya jangan dibuang atau dikupas ya, biarkan saja sisiknya menempel di badan ikan. Kenapa? Karena kalau sisiknya dibuang, nanti ada kemungkinan dagingnya akan menempel ke tempat memasak Anda dan ikannya akan hancur ketika dimasak.

Jika semua ikan sudah dibersihkan, tahap selanjutnya adalah mencuci bersih semua bahan. Untuk lengkuasnya bisa Anda iris, namun jangan terlalu tipis. Untuk bawang merahnya, sebaiknya Anda tumbuh terlebih dahulu, tumbukannya bisa sesuai selera (bisa kasar atau halus).

Jika sudah, proses memasak bisa dimulai. Untuk proses masaknya bisa menggunakan penggorengan saja.

Selanjutnya, susun daun di atas penggorengan. Lakukan hal yang sama juga pada sereh, lengkuas yang sudah diiris, dan juga bawang merah yang sebelumnya sudah ditumbuk. Yang terakhir, Anda bisa meletakkan ikan di atasnya.

Jangan lupa untuk menyusunnya dengan rapi, karena itu akan memudahkan Anda untuk mengambilnya ketika sudah matang. Usahakan jangan menyimpannya dengan posisi menyilang, susun ikan dengan posisi satu arah.

Kemudian berikan air hingga ikannya tertutupi dengan air, namun jangan terlalu penuh. Masak ikan tersebut dengan api besar dan biarkan hingga airnya mendidih.

Apabila airnya sudah mendidih, maka saatnya bagi Anda untuk memasukkan gula merah dan garamnya. Untuk pemberian gula merah dan gara ini Anda bisa perkirakan saja sendiri, sesuai dengan jumlah ikan yang Anda masak. Akan tetapi, ada perbandingan ketika Anda akan memberikan gula dan garamnya, yakni 3:1. Jadi, gulanya tiga kali lebih banyak daripada garamnya.

Akan lebih bagus jika Anda menyerut gula merahnya terlebih dahulu, sehingga ketika proses masak manisnya akan merata. Setelah diberikan gula dan garam , maka biarkan seperti itu hingga airnya tersisa sedikit.

Air yang menguap dan tersisa sedikit di dasar penggorengan merupakan penanda bahwa pindang ikan mas Anda sudah matang.

Untuk penyajiannya, akan lebih enak jika Anda menggorengnya terlebih dahulu sebelum disajikan sehingga rasanya lebih enak dan gurih. Proses menggorengnya tidak perlu lama, asal warnanya berubah menjadi lebih tua saja. Namun, jika Anda ingin tekstur ikan yang agak garing, maka Anda bisa menggorengnya hingga kering.

Selamat mencoba… semoga berhasil.