Loading...

Resep Bola-Bola Coklat Mudah Dan Praktis

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

resep bola coklat

TERUSKAN.COM – Rasa lapar terkadang sering sekali mengganggu kegiatan kita, entah itu ketika di kantor ataupun di kampus ketika kita kuliah. Kenapa? Mungkin dikarenakan kita tidak sempat sarapan dan rasanya terlalu ribet jika kita harus membawa sarapan di dalam kotak makan.

Selain itu, waktu yang mepet juga terkadang membuat kita tidak sempat memakan sarapan yang kita bawa karena waktu sudah menunjukkan jam makan siang.

Loading...

Selain hal di atas, ada juga beberapa orang yang memang selalu mengalami rasa lapar kembali ketika jam memasukki pukul 10:00 s/d 11:00 atau 15:00 s/d 16:00, padahal sebelumnya sudah sarapan atau makan siang. Jika makan pada waktu itu, maka akan menganggu jam makan siang atau makan malam.

Bagaimana solusinya? Tentu saja Anda harus mengganjalnya dengan sebuah makanan yang tak terlalu mengenyangkan, sehingga tidak akan mengganggu waktu makan siang dan makan malam Anda.

Mungkin bola-bola coklat bisa membantu Anda mengatasi masalah itu. Yap, coklat mengandung kadar glukosa yang bisa membuat kita tidak merasa lapar, meski perut dalam keadaan tidak terisi makanan.

Resep dan Cara Membuat Bola-bola Coklat

Berikut adalah cara membuat bola-bola coklat pengganjal lapar Anda.

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan hanya sedikit dan gampang mendapatkannya.

  • biskuit marie
  • remah egg rolls
  • susu kental manis
  • coklat batangan

resep bola coklat

Jika semua bahan di atas sudah Anda siapkan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menumbuk biskuit marie hingga halus, kemudian masukkan susu kental manis ke dalam tumbukan biskuit marie tersebut dan aduk hingga rata.

Saat sudah tercamour secara rata, bentuklah seperti bola-bola dengan ukuran yang Anda suka, namun saya sarankan agar jangan membentuknya terlalu besar.

Tahap kedua adalah mencairkan coklat batangan yang sudah Anda siapkan. Caranya adalah dengan ditim. Didihkan air dalam sebuah panci yang agak besar, tunggu mendidih.

Sambil menunggu, Anda potong-potong kecil coklat batangan tersebut, masukkan ke dalam panci yang lebih kecil dan tambahkan sedikit susu cair. Selanjutnya masukkan panci kecil berisi potongan coklat ke dalam panci besar berisi air mendidih. Hati-hati, pastikan besar panci pas sehingga tidak tumpah atau mengenai tangan. Aduk hingga rata dan kental.

Tahap ketiga, Anda celupkan bola-bola biskuit marie yang sudah dibentuk sebelumnya ke dalam coklat cair kemudian gulingkan bola-bola tersebut di atas remah egg rolls yang juga sebelumnya telah disiapkan. Gulingkan terus hingga semuanya tertutupi oleh remah egg rolls.

Tahap keempat adalah mendiamkannya sebentar, dan kemudian celupkan kembali pada coklat cairnya agar remah egg rolls yang menempel pada bola-bola tersebut juga terbalut oleh coklat. Akan lebih bagus jika proses pencelupan pada coklat dilakukan lebih dari sekali.

Kenapa? Karena dengan begitu lapisan coklatnya akan lebih tebal, sehingga remah egg rollsnya akan lebih melekat lagi pada bola-bolanya. Selain itu, hal tersebut tentunya akan membuat bola-bola Anda lebih nikmat, karena balutan coklatnya yang tebal dan manis lebih terasa di lidah Anda.

Jika semuanya sudah terbalut maka Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas agar bola-bola coklat tersebut menjadi beku dan siap untuk disantap.

resep bola coklat

Tips

Jika Anda tidak memiliki remah egg rolls, maka bisa diganti dengan menggunakan meises coklat atau gula warna warni. Anda juga bisa memberi coretan white dan pink chocolate, bisa juga digulingkan di kacang tumbuk atau milo bubuk. Lakukan sesuai kreativitas dan ketersediaan bahan.

Untuk biskuit marie, juga bisa diganti dengan biskuit coklat atau biskuit lainnya yang tersedia di rumah.

**

Nah sekarang Anda bisa membawanya ke kantor atau ke kampus sebagai pengganjal rasa lapar. Anda juga bisa menjadikannya sebagai sarapan dan cemilan ketika Anda dalam perjalanan. Praktis bukan?

Selamat mencoba.