Loading...

Resep dan Cara Membuat Puding Buah Susu

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep, Wanita

TERUSKAN.COM – Anda ingin membuat sebuah dessert tapi bingung menentukan kira-kira dessert apa yang enak, namun mudah untuk disajikan? Mungkin menu Puding Buah Susu bisa menjadi pilihan Anda untuk bereksperimen membuat dessert kali ini.

Jangan khawatir soal bahan, semua bahannya bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket yang ada di sekitar rumah Anda. Selain itu, proses pembuatannya juga cukup mudah untuk diterapkan langkah demi langkah.

Sebelum Anda mulai membuat puding buah sus, sebaiknya tentukan dulu buah apa yang ingin Anda gunakan? Apakah buah berry, mangga, melon, atau kiwi? Itu semua terserah Anda, namun di resep kali ini akan menggunakan buah mangga.

Loading...

Resep dan Cara Membuat Puding Buah Susu

Resep dan Cara Membuat Puding Mangga Susu

Berikut adalah resep dan cara membuat Puding Buah Susu dengan menggunakan buah mangga. Silakan disimak dan diterapkan di rumah ya.

Bahan-Bahan

Baiklah, untuk bahan-bahan membuat puding buah susu adalah berikut ini:

  • Buah mangga harum manis atau mangga apa saja yang ada di dapur Anda.
  • Agar-agar rasa mangga
  • Susu cair tanpa rasa (plain)
  • Kismis
  • Es krim vanilla

Cara Membuat

Proses pembuatannya cukup mudah, pertama Anda kupas dulu buah mangganya, kemudian Anda potong-potong (untuk proses pemotongannya tidak perlu rapi, karena nantinya potongan mangga tersebut akan dihancurkan).

Setelah proses pemotongan mangga selesai, Anda bisa berlanjut ke tahap berikutnya, yakni memblender potongan mangga tersebut bersama dengan susu cair yang sebelumnya sudah Anda siapkan. Akan lebihh bagus jika Anda hanya memblendernya sebentar, jadi buah mangganya tidak hancur, hanya tercincang kasar saja (masih ada potongan-potongan kecil).

Jika sudah, maka tahap selanjutnya adalah Anda siapkan air untuk membuat agar-agarnya. Perlu diperhatikan, Anda hanya perlu menyediakan air setengah dari yang diperlukan (jika di dalam kemasan tersebut Anda disarankan menggunakan dua gelas air untuk satu sachet agar-agar, maka kali ini Anda hanya perlu menggunakan segelas air saja). Jangan lupa untuk memberikan gula pasir, setengah dari yang diperlukan juga.

Jika dirasa sudah mulai mengental, maka saatnya bagi Anda untuk memasukkan blenderan mangga dan susu tersebut ke dalam adonan agar yang sedang dimasak. Untuk blenderan mangga dan susu yang dimasukkan, jumlahnya sama dengan jumlah air yang pertama dimasukkan. Aduk hingga rata dan mengental.

Jika dirasa sudah matang, maka jangan lupa untuk memasukkan buah kismis ke dalam adonan agar yang hampir matang tersebut. selanjutnya Anda bisa memasukkannya ke dalam cetakan dan diamkan hingga dingin baru kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Sambil menunggu agarnya menjadi dingin, maka Anda bisa membuat fla atau toppingnya. Caranya adalah tambahkan susu pada sisa blenderan mangga… lalu belnder kembali hingga rata dan halus.

Jika sudah tercampur rata dan potongan mangganya sudah benar-benar menjadi halus, maka tahap selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam panci untuk kemudian di rebus hingga mengental. Jika adonan tersebut sudah mengental atau tercium wanginya, maka Anda bisa mengangkatnya dan mendiamkannya hingga dingin.

Apabila semua bahan sudah dingin, maka Anda bisa menyajikannya. Anda hanya perlu menaruh potongan puding tersebut di atas piring dan kemudian siram dengan fla yang sebelumnya sudah dibuat, jangan lupa pula untuk menambahkan es krim agar rasanya semakin lembut dan nikmat.

Selamat mencoba ya.