Loading...

Tips Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Flu

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

flu pada anak

TERUSKAN.COM – Sebagai orang tua, kesehatan anak menjadi tujuan utama yang harus diprioritaskan. Daya tahan tubuh mereka yang berbeda dengan orang dewasa, membuatnya harus mendapatkan asupan nutrisi, gizi dan vitamin lebih sehingga memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar kebal terhadap penyakit yang bisa menyerang kapan saja, salah satunya flu.

Flu adalah salah satu penyakit menular yang bisa berpindah saat Anda tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik. Flu biasanya dianggap sebagai penyakit ringan, namun jika tidak mendapatkan penanganan akan menjadi masalah besar.

Loading...

Karena itu, untuk menjaga anak tetap sehat dan kuat, berikut beberapa tips sederhana yang akan menjauhkan anak Anda dari flu yang mengganggu.

1. Lakukan Vaksin

Hal pertama dan terpenting untuk menghindarkan anak dari flu yaitu dengan melakukan vaksinasi flu. Ini adalah salah satu cara yang paling penting untuk menjaga anak Anda tetap sehat.

Ingat, flu bukan masalah kecil yang bisa disepelekan, melainkan dapat menjadi penyakit yang sangat serius. Akan lebih baik jika kedua orang tua juga ikut divaksinasi untuk menghindari flu menular.

2. Perbanyak Istirahat

Istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh anak untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih besar. Anak yang masih sekolah membutuhkan waktu lebih banyak dibandingkan orang dewasa yaitu 10 jam menurut The Mayo Clinic.

Karena itu, biasakan anak Anda untuk tidur lebih awal saat malam hari atau beristirahat yang juga baik untuk kemampuannya saat berada di sekolah.

3. Berolah Raga Ringan

Tidak hanya orang dewasa yang butuh berolahraga, anak-anak juga membutuhkannya. Tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup seperti bermain di basket atau sepak bola sekitar satu jam atau lebih.

4. Kurangi Mengonsumsi Makanan Pinggir Jalan atau Jajanan

Kebanyakan anak-anak menyukai jajanan atau makanan pinggir jalan dan beberapa orang tua bahkan membiarkannya. Anak yang sering mengonsumsi jajanan luar, akan  sulit makan saat diberikan makanan sehat atau rumahan.

Nafsu makan mereka akan lebih tinggi saat disajikan makanan luar dibandingkan makanan rumahan.

Ingat, jajanan atau makanan luar hanya akan memberikan ruang untuk penyakit dimana berbeda dengan makanan rumah yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Cobalah untuk mengenalkan banyak sayuran dan buah pada anak Anda sebagai makanan ringan.

5. Ajarkan Cara Mencuci Tangan

Cuci tangan adalah cara terbaik untuk menangkap perkembangan bakteri yang akan menyebabkan penyakit. Ajarkan pada anak-anak Anda kebiasaan untuk mencuci tangan mereka sebelum makan, sehabis main, sepulang sekolah dan sebelum tidur.

Anda perlu memastikan bahwa mereka menggunakan sabun dan membersihkannya dengan baik.

6. Berikan Multivitamin

Memberikan multivitamin dapat membantu mereka mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Jika Anda tidak yakin multivitamin apa yang sebaiknya diberikan, kunjungi dokter anak untuk berkonsultasi dan meminta resep.

**

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan anak dari flu dan penyakit berbahaya lainnya. Mengonsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi juga akan membantu anak terhindar dari penyakit.

Semoga bermanfaat.