Loading...

6 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Hamil 8 Bulan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

hamil8bulan

TERUSKAN.COM – Setelah Anda memasukkan trimester ketiga kehamilan, Anda akan mulai melihat perubahan dalam diri Anda. Keberadaan bayi akan menjadi semakin jelas dan naluri keibuan Anda sudah mulai keluar.

Ketika kehamilan telah mencapai usia 8 bulan, yang bisa Anda lakukan hanyalah menghitung hari sebelum Anda mendengar tangisan bayi Anda untuk pertama kalinya.  Untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat, Anda perlu mengambil setiap langkah dengan sangat hati-hati.

Loading...

Anda harus selalu mengingat bahwa kehamilan merupakan suatu keadaan dimana Anda tidak hanya bertanggung jawab pada kesehatan tubuh Anda sendiri, tetapi juga memiliki peran penting untuk menjamin pertumbuhan janin yang sehat.

Setiap langkah yang Anda lakukan akan memiliki efek pada bayi dalam kandungan dan ini tidak hanya mencakup faktor fisik tetapi juga psikologis.

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari untuk memastikan bahwa semua akan berjalan normal dan bayi Anda berada dalam kondisi yang sehat dan aktif.

Diet

Konsumsi selalu makanan sehat, diet kaya protein, kalsium dan zat besi sangat penting untuk kesehatan yang baik bagi ibu dan bayi. Seorang ibu yang sehat akan mampu melahirkan bayi yang sehat.

Jauhkan segala makanan instan yang mengandung berbagai zat pengawet. Anda tentu tidak ingin memberi efek yang buruk pada bayi Anda dengan menikmati makanan yang tidak sehat.

Makanan pedas

Rempah-rempah baik untuk dikonsumsi, tetapi dalam batas tertentu. Hindari makanan yang sangat pedas karena ini dapat menyebabkan terjadinya masalah pencernaan.

Anda tidak hanya akan merasa gelisah dan tidak enak badan, tetapi juga akan berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang dalam rahim Anda. Selain itu, hindari pula makanan kemasan dengan campuran rempah-rempah karena mengandung perasa buatan.

Hamil 8 Bulan

Perjalanan panjang

Ketika Anda memasuki usia kehamilan 8 bulan, Anda harus mengingat bahwa masa kelahiran sudah semakin dekat, dan bayi bisa keluar kapan saja. Untuk menghindari segala situasi yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, perjalanan panjang adalah salah satu hal yang harus dihindari selama kehamilan pada tahap selanjutnya karena akan sangat melelahkan untuk Anda.

Duduk berjam-jam

Entah Anda berada di rumah atau di kantor, sebaiknya hindari duduk selama berjam-jam.

Duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sakit punggung dan juga mengakibatkan terjadinya tekanan pada perut Anda. Padahal ketika usia kehamilan mencapai 8 bulan, bagian maksimum perut Anda telah ditempati oleh bayi.

Jadi apabila keadaan benar-benar memaksa Anda untuk duduk berjam-jam, usahakan berdiri dan sedikit berjalan setiap beberapa menit guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Situasi yang kurang menyenangkan

Sedapat mungkin, cobalah untuk menjauh dari situasi yang kurang menyenangkan bagi Anda, baik itu di rumah, kantor atau di mana pun.

Meskipun bayi masih berada dalam kandungan, gangguan sekecil apapun dapat membangkitkannya dan membuat bayi gelisah. Segala sesuatu yang Anda dengar, lihat dan katakan, juga akan ikut dirasakan oleh bayi.

Stres

Stres dapat terjadi dalam berbagai jenis, baik fisik ataupun mental. Untuk memiliki bayi yang sehat, Anda harus mengetahui segala cara untuk menghindari stres.

Usahakan untuk membuat segala sesuatunya menjadi hal yang menyenangkan. Emosi yang Anda rasakan akan diteruskan pada bayi, sehingga stres tentu akan memberi pengaruh pula pada bayi Anda.

**

Kehamilan adalah tahap istimewa dalam hidup seorang wanita. Ini adalah saat ketika Anda menemukan diri Anda sepenuhnya dan bertanggung jawab untuk makhluk hidup yang tumbuh dalam diri Anda.

Dokter, teman dan keluarga akan memberitahu Anda tentang banyak hal yang harus dihindari selama kehamilan. Kehadiran buah hati akan menambah kebahagiaan dalam hidup Anda, maka dari itu nikmatilah masa kehamilan dan jadikan sukacita dalam hidup Anda.