Loading...

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Herbal Tradisional

Penulis: Damianus Rubrik: Kesehatan

teh-daun-salam

TERUSKAN.COM – Daun salam umumnya digunakan sebagai penyedap rasa dan pengharum masakan serta sebagai obat tradisional herbal. Siapa sangka, di balik manfaat daun salam sebagai bumbu dapur, daun ini juga memiliki manfaat sebagai obat herbal tradisional.

Pada kali ini, secara khusus kami akan menyediakan informasi mengenai kegunaan daun salam sebagai obat tradisional herbal dan proses pembuatannya. Dan berikut adalah ulasannya secara lengkap.

Loading...

1. Daya Tahan Tubuh

Daun salam dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, mengingat tumbuhan rempah ini memiliki banyak kandungan vitamin C. Untuk diketahui, vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Cara pembuatannya : masukkan dua sampai tiga lembar daun salam kedalam masakan atau bisa membuat atau mengolah beberapa lembar daun salam menjadi teh.

2. Diet

Daun salam dapat membantu proses diet atau program diet yang anda jalani, mengingat enzim dan senyawa kimia yang ada pada daun salam akan membantu melancarkan pencernaan. Caranya dengan mengkonsumsi daun salam dalam bentuk teh.

Cara membuat teh daun salam : yang pertama, sediakan seikitnya 30 lembar daun salam yang sudah dibersihkan dengan air bersih, kemudian masukkan 30 lembar daun tersebut dalam teko bersama dengan empat gelas air. Rebus daun salam tersebut hingga mendidih hingga air yang ada di teko hanya tinggal setengahnya. Lalu dinginkan, dan bisa dicampur dengan madu.

3. Hipertensi

Daun salam membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mengapa demikian? Hal ini lantaran adanya kandungan zat tanin serta flavonoida yang ada pada daun salam. Dua zat tersebut berguna membantu menurunkan hipertensi.

Caranya sama dengan dengan di atas, yakni mengolahnya menjadi teh. Hanya saja daun yang dibutuhkan cukup 10 lembar saja dan air yang dimasukkan ke dalam teko cukup tiga gelas saja. Teh ini hanya bisa diminum rutin sekali dalam sehari.

4. Penyakit Kulit

Daun salam dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit kulit.

Cara mengolahnya : siapkan daun, akar, hingga batang kayu pohon salam, bersihkan ketiga bahan tersebut dengan air sampai bersih, selanjutnya tumbuh tiga bahan tersebut hingga halus, setelah halus campur dengan sedikit air dan diaduk rata, selanjutnya dioleskan pada bagian kulit.

5. Batuk

Daun salam dapat mengobati batuk. Anda bisa meminum teh daun salam ini selama masih batuk.

Proses pembuatannya yakni mengolah daun salam menjadi teh. Hanya saja untuk teh ini, daun salam yang digunakan hanya 7 lembar saja, sedangkan air yang dibutuhkan hanya dua gelas. Setelah direbus dan matang, bisa ditambahkan dengan madu dan perasan buah lemon.

5. Diare

Daun salam dapat mengobati diare. Selama masih diare, anda dapat mengkonsumsi minuman ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Cara pembuatannya : siapkan 20 lembar daun salam, kemudian rebus daun salam tersebut selama kurang lebih 10 menit. Setelah mendidih, saring air hasil rebusan daun salam tersebut dan campur dengan sedikit garam.

6. Mabuk

Buah dari pohon salam dapat digunakan untuk menyembuhkan orang yang mabuk akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

Proses pembuatannya : siapkan 3 buah salam, ditumbuk atau digiling sampai halus, selanjutnya diperas, air yang keluar dari hasil perasan buah salam bisa diminum untuk mengobati orang yang mabuk akibat terlalu banyak minum alkohol.

7. Kencing Manis

Daun salam dapat digunakan untuk mengobati kencing manis.

Caranya : siapkan 10 lembar daun salam, siapkan air sebanyak 800 cc, siapkan 30 gram garam. Rebus air tersebut dan masukan 10 lembar daun salam serta 30 gram garam. Rebus hingga air yang tinggal tersisa 400 cc. Setelah mendidih, saring air tersebut. Kemudian dinginkan dan siap diminum. Obat ini bisa diminum dua kali dalam satu hari.

**

Itulah sejumlah manfaat dan cara pengolahan daun salam sebagai obat tradisional herbal. Selamat mencoba!