Loading...

Tips Jitu Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

pilek

TERUSKAN.COM – Pilek merupakan salah satu penyakit yang sering muncul terutama di musim pancaroba. Terkadang pilek datang bersamaan dengan gejala flu yang lainnya seperti sakit kepala, demam serta batuk.

Pilek memang sangat mengganggu karena selain hidung yang terus mengeluarkan cairan, hidung yang tersumbat juga menyebabkan sakit kepala bahkan radang tenggorokan.

Loading...

Terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat, pilek menjadi salah satu penyebab terganggunya konsentrasi Anda.

Beberapa cara dilakukan untuk menyembuhkan pilek, yang salah satunya adalah dengan meminum obat. Akan tetapi, obat sering tidak dapat menyembuhkan pilek dengan baik karena terkadang selain efek samping yang disebabkan seperti rasa kantuk, hidung masih sering merasa tersumbat.

Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan pilek tanpa obat.

1. Beristirahat

Walaupun pilek sering dikategorikan sebagai penyakit ringan yang tidak membutuhkan banyak pengobatan, pada kenyataannya pilek menyebabkan kondisi badan yang terganggu.

Salah satu cara terbaiknya adalah dengan beristirahat. Luangkan waktu setidaknya satu hari untuk beristirahat lebih banyak daripada biasanya. Istirahat dapat memulihkan penyakit pilek Anda lebih cepat karena tubuh akan memulihkan kondisi Anda dengan sendirinya.

2. Konsumsi Buah-Buahan

Pilek juga dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun, sehingga membuat tubuh Anda mudah terserang virus.

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan pilek adalah dengan mengonsumsi buah-buahan maupun asupan makanan lainnya yang mengandung banyak vitamin C. Selain rasanya yang nikmat, buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan Anda dengan cepat.

Konsumsi buah-buahann seperti jeruk, kiwi, mangga maupun buah lainnya baik dalam bentuk buah maupun olahan lainnya seperti jus dan salad.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Jika dalam sehari Anda disarankan untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas, maka Anda sebaiknya menambahkan konsumsi air putih Anda menjadi 10 hingga 12 gelas per hari.

Air putih adalah minuman yang terbaik dibandingkan dengan jenis minuman yang lainnya karena selain mencegah Anda dari dehidrasi, air putih juga dapat menghanyutan virus dari dalam tubuh lebih cepat melalui keringan maupun air seni.

4. Berkumur Dengan Larutan Garam

Jika pilek Anda dimulai dari sakit tenggorokan, maka Anda patut mencoba cara dengan berkumur dengan larutan garam.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan berkumur larutan garam dalam air  hangat setidaknya 3 kali sehari. Setelah berkumur air garam, basahi sapu tangan dengan air dingin lalu kalungkan dan kompres bagian leher Anda dengan sapu tangan tersebut.

5. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Jika pilek Anda berawal dari sakit kepala, yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendam kaki dengan air hangat setidaknya 3 kali sehari.

Cara ini dapat memperlancar darah dalam kepala sehingga mengurangi rasa sakit dan pusing serta menyembuhkan pilek Anda.

6. Menghirup Uap Panas

Cara terakhir ini dipercaya ampuh untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat yang sangat mengganggu.

Caranya adalah dengan memasak air panas, diamkan sebentar, lalu hirup uapnya dengan menggunakan gulungan kertas hingga hidung terasa panas dan lega. Dengan melakukan cara ini secara rutin, hidung tersumbat akan teratasi dengan sendirinya.

***

Itulah 6 cara alami menyembuhkan pilek tanpa obat. Semoga bermanfaat.