Loading...

7 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

kebiasaan sebelum tidur

TERUSKAN.COM – Tidur merupakan aktivitas dimana manusia dapat sejenak mengistirahatkan tubuhnya dan menyimpan energi untuk beraktivitas di keesokan harinya. Itulah sebabnya tidur tidak bisa diremehkan begitu saja.

Seseorang yang kurang tidur tentu akan memiliki potensi gangguan kesehatan dan yang sering terlihat adalah penampilan yang lesu, kusam dan terlihat tidak segar. Seseorang yang tidur dengan cukup biasanya lebih mampu berkonsentrasi dalam pekerjaan dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Loading...

Ya, itulah pentingnya tidur yang tidak hanya cukup dari segi waktu, namun juga berkualitas.

Untuk mendapatkan proses tidur nyenyak yang sangat membantu dalam mengumpulkan energi positif Anda di hari esok, berikut adalah beberapa kebiasaan sehat yang patut Anda lakukan sebelum tidur.

1. Merapikan Tempat Tidur

Merapikan tempat tidur biasanya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Akan tetapi, sebelum tidur Anda juga dapat melakukannya.

Rapikan tempat tidur Anda dengan bersihkan debu halus yang tidak terlihat pada sprei dan bantal guling agar pernafasan Anda selama tidur tidak terganggu. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit asma, hal ini sangat dianjurkan.

2. Minum Air Putih

Meminum air putih sebelum tidur dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi yang biasanya dirasakan setelah bangun tidur.

Saat Anda tidur, tubuh juga tidak mendapat asupan cairan sehingga Anda perlu mengisinya dengan minum air putih sebelum tidur. Terutama jika Anda tidur dalam ruangan ber-AC maupun pada saat cuaca sedang dingin, potensi dehidrasi pun menjadi semakin besar.

Minumlah satu hingga dua gelas air putih sebelum tidur.

Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

3. Aktivitas Yang Merilekskan

Beberapa orang memiliki kebiasaan khusus sebelum tidur, yaitu dengan melakukan beberapa aktivitas tertentu. Sebaiknya pilih aktivitas yang mampu membuat tubuh Anda rileks seperti membaca buku, mendengarkan musik lembut maupun yang lainnya.

Pastikan Anda tidur di jam yang tepat dan tidak berlama-lama melakukan aktivitas tersebut sehingga Anda masih memiliki jam tidur yang cukup.

4. Aktifkan Alarm

Jika Anda memiliki aktivitas penting di keesokan harinya seperti bekerja maupun kuliah, sebaiknya aktifkan alarm Anda sesuai jam yang Anda inginkan. Hindari bangun siang maupun terlambat beraktivitas hanya karena Anda lupa mengaktifkan alarm.

5. Hindari Bermain Gadget Sebelum Tidur

Salah satu kebiasaan yang saat ini hampir semua orang lakukan adalah bermain gadget sebelum tidur.

Baik berkomunikasi dengan orang lain, bermain permainan ataupun aktivitas lainnya dengan gadget kesayangan Anda, sebaiknya hentikan dulu dan jangan lakukan sebelum tidur.

Hal ini untuk menghindari tidak nyenyaknya tidur Anda serta Anda akan cenderung berlama-lama bermain gadget dan tidur larut malam.

kebiasaan sebelum tidur

6. Hindari Makan dan Minum Terlalu Banyak

Terkadang ada beberapa aktivitas yang terasa lebih baik bila ditemani makanan atau minuman sebagai kudapan.

Sebaiknya hindari melakukan hal ini sebelum tidur karena makan dan minum terlalu berat sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur Anda terganggu.

7. Hindari Lampu Menyala

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala. Hal ini sebaiknya dihindari karena tidur dalam kamar dengan lampu menyala akan membuat tidur Anda tidak nyenyak.

Sebaiknya redupkan atau matikan lampu agar tidur Anda lebih pulas.

***

7 kebiasaan sehat sebelum tidur tersebut tidak sulit untuk dilakukan bukan? Jaga kualitas tidur Anda untuk kembali beraktivitas di hari berikutnya dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat.