Loading...

Tips Tampil Cantik Bagi Ibu Hamil

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Kecantikan, Wanita

tampil cantik bagi ibu hamil

TERUSKAN.COM – Kehamilan pada perempuan merupakan suatu anugerah luar biasa. Tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Khususnya bagi pengantin yang baru menikah, kabar akan tumbuhnya calon janin dalam rahim seorang istri yang akan menjadi ibu merupakan kebahagiaan tak tergambarkan.

Rasa bangga sebagai wanita hamil seringkali mengesampingkan penampilan. Demi memberi asupan yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan calon bayi, ibu hamil tidak peduli dengan berapa banyak makanan yang ia konsumsi, dengan tujuan mendapat nutrisi terbaik untuk calon bayi.

Loading...

Bahkan ada yang beranggapan bahwa ibu hamil harus makan dua kali lipat lebih banyak dari porsi sebelum hamil. Akibatnya, kenaikan berat badan meningkat drastis. Bukan hanya janin yang bertambah besar, tapi juga tubuh ibunya menjadi jauh lebih gemuk dan pipi menjadi chubby.

Walaupun demikian, ada pula ibu hamil yang tidak mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, kecuali hanya bagian perutnya yang semakin membesar seiring pertumbuhan berat janin.

Selain mengenai perubahan pada tubuh, ibu hamil kerap mengalami masalah pada wajah dan kulit. Karena pikiran dan tenaga hanya difokuskan pada kehamilan serta persiapan kelahiran, wajah dan kulit menjadi tidak terawat, padahal hormon yang diproduksi tubuh selama kehamilan justru rentan menyebabkan sensitifitas pada kulit.

cantik alami saat hamil

Jika ingin tampil cantik saat hamil, tidak ada salahnya menyimak beberapa saran berikut ini:

1. Busana

Menyiasati perubahan postur tubuh, sebaiknya ibu hamil jangan mengenakan pakaian yang ketat. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, pakaian ketat juga kurang baik untuk aliran darah. Metabolisme dalam tubuh wanita hamil lebih tinggi dari biasanya, sehingga mudah merasa panas dan gerah.

Kenakanlah busana yang nyaman dipakai, dari bahan yang menyerap panas, tidak terlalu tebal, tidak terlalu sempit tapi jangan pula terlalu longgar. Baju model baby doll sangat cocok untuk ibu hamil.

Jika tidak menyukai model gaun panjang, bisa saja mengenakan celana asalkan jangan yang terlalu ketat.

Wanita hamil umumnya merasa sangat senang menunjukkan bentuk perutnya yang semakin membesar. Ada pendapat yang mengatakan bahwa perempuan hamil justru terlihat lebih seksi.

Tetapi bukan berarti busana yang dikenakan harus menonjolkan bentuk si perut gendut dengan pakaian yang terkesan sempit. Aksen di atas atau sekitar perut sudah cukup menandakan bahwa sedang ada penghuninya di dalam sana.

Busana berwarna gelap atau bermotif vertikal dapat mengurangi kesan ‘gendut’. Bukan berarti menutupi kondisi kehamilannya, melainkan agar tetap terlihat cantik dan modis.

2. Wajah

Peningkatan hormon pada ibu hamil menyebabkan bertambahnya jumlah sel pigmen sehingga wajah cenderung mudah berjerawat. Rajin mencuci muka bisa mengurangi risiko tersebut.

Bagi yang beragama Islam sangat disarankan untuk selalu berwudhu, selain menjaga kesehatan, juga untuk melatih si jabang bayi di dalam tubuh ibu.

Hati-hati dalam menggunakan kosmetik wajah. Jangan menggunakan produk pemutih, pembersih atau riasan yang mengandung zat berbahaya, karena bisa berpengaruh pada perkembangan janin.

Konsultasikan ke dokter atau ahli kosmetik sebelum menggunakan produk tertentu. Cukup merias wajah dengan tipis agar tidak sulit membersihkannya. Biasanya aura seorang wanita hamil akan muncul dengan sendirinya tanpa harus menggunakan make-up yang tebal.

cantik alami saat hamil

3. Rambut

Bagi yang berambut panjang, mengikat rambut bisa mengurangi kegerahan. Tatanan rambut yang simple memudahkan ibu  hamil beraktivitas.

4. Kulit

Sebagaimana halnya wajah, perawatan kulit tetap harus diperhatikan dengan menggunakan kosmetik yang aman.

Khusus bagian perut, yang akan mengalami peregangan mengikuti bertambah besarnya janin, sebaiknya rajin dioleskan minyak seperti minyak zaitun yang aman dan sehat untuk tubuh ibu dan janin, sehingga mengurangi risiko timbulnya stretch mark. 

Di depan suami, ibu hamil akan tetap terlihat mulus dan cantik.

**

Dengan menjaga penampilan dan kecantikan selama kehamilan, si calon bayi dalam rahim ibu pun akan terlatih untuk selalu terlihat menarik. Selamat mencoba!