Loading...

Langkah Memasak Mie Instan Agar Menyehatkan

Penulis: Visyam89 Rubrik: Kesehatan, Resep

cara memasak mie instan

TERUSKAN.COM – Mie instan merupakan makanan yang cepat dan mudah penyajiannya, serta dapat memberikan kenyamanan di perut sebagai pengganti nasi. Adakalanya kita merasa bosan mengkonsumsi nasi, lontong atau roti dan sebagainya, sehingga mencari makanan lain yang menggugah selera.

Salah satu makanan yang mampu menggantikan adalah mie instan. Baik mie goreng  maupun mie rebus, keduanya mampu memberikan kenyamanan pada perut walau tidak memakan nasi atau makanan pokok lain. Apalagi anak-anak kos, yang selalu ingin selalu praktis, mudah dan hemat, mie instan dijadikan solusi sebagai konsumsi makanan sehari-hari.

Loading...

Memakan mie instan tidaklah membosankan karena sekarang ini sudah tersedia macam-macam varian rasa dari berbagai merk. Tentu, akan menggugah selera siapapun yang mengkonsumsinya. Namun, zat-zat yang terkandung di dalam mie instan mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh, terutama zat pengawetnya.

Walau begitu, banyak orang tidak menghiraukannya, kelezatan rasa mie instan mampu menetralkan rasa khawatir atas semua gangguan penyakit yang ditimbulkan. Sebaiknya, kita juga harus memperhatikan kesehatan tubuh dari pengaruh asupan gizi yang kita konsumsi.

Cara Memasak Mie Instan Agar Tetap Sehat

Nah, berikut ini adalah cara memasak mie instan agar membuat tubuh tetap sehat, yuk langsung simak saja ulasan berikut ini :

1. Rebus 2 gelas air dalam panci. Setelah mendidih, masukkan mie instan. Rebus mie selama 90 detik sambil diaduk. Hal ini dilakukan untuk melepaskan zat lilin, zat pewarna dan zat pengawet dari mie. Biarkan dulu mie nya.

2. Rebus lagi 2 gelas air hingga mendidih, lalu masukkan mie tadi ke dalam air rebusan dan aduk sampai 90 detik. Sehingga zat-zat buruk yang terkandung didalamnya dapat terlepas secara tuntas.

3. Jika memasak mie goreng, angkatlah mie tersebut lalu campur dengan bumbunya. Kemudian siap disajikan dan santaplah dengan lahap.

4. Sedangkan untuk mie rebus, saringlah mie dari airnya. Lalu masukkan ke dalam mangkuk dan beri air panas secukupnya, lalu campurlah semua bumbu yang tersedia.

5. Untuk lebih spesialnya, anda bisa menambahkan bumbu-bumbu khas kesukaan sendiri dan beberapa sayuran yang disenangi misalnya wortel, tambahkan juga sosis, bakso, telur atau ayam. Dengan begini kandungan nutrisi pada mie instan anda akan bertambah.

6. Nah, sekarang mie sehat dan bergizi tinggi siap disajikan untuk disantap mengisi perut yang lapar.

**

Itulah cara aman menyajikan mie instan untuk dikonsumsi. Dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, tentu memperpanjang hidup anda dan berkurangnya resiko menderita karena penyakit mematikan.

Perlu anda ketahui bahwa mie instan mengandung MSG, yang dapat berubah menjadi karsinogen pembawa sel kanker apabila dimasak dengan suhu 120 derajat celcius ke atas. Sementara bagi anda penderita darah tinggi, sebaiknya tidak mengonsumsi mie instan dulu sampai tekanan darah kembali normal. Karena bumbu mie mengandung zat yang bisa meningkatkan tekanan darah anda.

Selain itu mie instan juga harus dihindari oleh penderita gangguan lambung, karena mengandung ragi yang malah meningkatkan gas di dalam lambung sehingga bisa menyebabkan penyakitnya kumat. Keguguran, obesitas, gangguan pencernaan dan metabolisme, serta kerusakan organ juga bisa dipicu karena keseringan mengkonsumsi mie instan dan bumbu-bumbunya itu.

Marilah tanamkan hidup sehat dengan memperhatikan pola makan dan gaya hidup kita mulai dari sekarang. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Semoga bermanfaat.