Loading...

Tips Atasi Bau Kaki Secara Alami

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Mengatasi Bau Kaki

TERUSKAN.COM – Bau kaki adalah salah satu masalah yang kerap dialami oleh kebanyakan orang. Cara mengatasi bau kaki tentunya menjadi info yang paling sering dicari.

Bagaimana tidak, bau kaki ini menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi seseorang yang mengalaminya. Apalagi ketika anda berada di suatu ruangan karena baunya akan sangat menyengat dan membuat orang lain menjadi terganggu.

Loading...

Bau kaki bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu pola hidup yang tidak sehat. Bau kaki sendiri diakibatkan oleh keringat pada area kaki yang bercampur dengan bakteri yang kemudian menimbulkan bau tidak sedap.

Tidak hanya itu saja, bau kaki juga dapat disebabkan oleh pemakaian sepatu atau kaos kaki yang masih dalam keadaan basah.

Bagaimana Cara Mencegah Bau Kaki?

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk menghindari bau kaki, Anda bisa menjalani pola hidup yang sehat dan teratur. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau kaki, misalnya:

  • Hindari pemakaian sepatu dan kaos kaki yang masih basah
  • Selalu mencuci sepatu dan kaos kaki secara berkala
  • Cucilah kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu, lalu keringkan kaki anda terlebih dahulu dan barulah anda diperbolehkan memakai sepatu

Cara Atasi Bau Kaki

Setelah mengetahui beberapa cara mencegah bau kaki, maka tidak ada salahnya jika anda mengetahui beberapa cara sederhana mengatasi bau kaki, antara lain :

1. Menggunakan sabun anti bakteri

Cara pertama yaitu dengan menggunakan sabun anti bakteri dengan tujuan untuk membersihkan kaki anda dari sisa keringat serta bakteri yang menempel pada kaki.

2. Menggunakan deodorant

Selain dapat digunakan untuk mengurangi produksi keringat di bagian ketiak, ternyata deodoran juga mampu mengatasi bau kaki loh. Jadi jika kaki anda bau, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan deodoran untuk mengatasinya.

3. Air perasan jeruk lemon

Cara menggunakannya cukup sederhana, yakni dengan merendam kaki anda di dalam air perasan jeruk lemon. Rendamlah kaki anda selama kurang lebih 15-25 menit. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Air perasan lemon dianggap mampu membantu mengontrol serta menjaga kelembaban kaki.

4. Kopi

Cara mengatasi bau kaki menggunakan kopi cukup sederhana. Anda bisa memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik silica, lalu simpanlah di bagian bawah sepatu.

5. Potong kuku secara rutin

Mengapa harus memotong kuku? Hal ini lantaran kuku menampung kotoran yang bercampur bakteri serta keringat yang dapat memicu bau kaki. Jadi mulai sekarang biasakanlah untuk memotong kuku kai untuk menghindari bau kaki yang tidak sedap

6. Teh

Mengatasi bau kaki juga bisa dilakukan dengan menggunakan air teh. Caranya tidak jauh berbeda seperti dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Anda hanya perlu merendam kaki di dalam air teh selama beberapa menit saja.

**

Nah itulah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bau kaki. Jadi mulai sekarang anda tidak perlu lagi merasa minder karena bau kaki yang menyengat. Sebelum semakin memburuk, sebaiknya jaga pola hidup anda agar terhindar dari masalah-masalah seperti bau kaki tersebut.

Semoga bermanfaat.