Loading...

7 Obat Asam Urat Alami Untuk Anda

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

asam-urat

TERUSKAN.COM – Asam urat adalah penyakit yang terjadi di bagian persendian tubuh terutama pada sendi jari tangan, jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan hingga siku. Nyeri yang dipicu oleh asam urat ini sangatlah hebat bahkan dapat membuat bagian tubuh terlihat bengkak dan meradang.

Asam urat adalah penyakit yang diakibatkan konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat. Setiap orang pastinya memiliki zat purin di dalam tubuhnya. Akan tetapi ada yang memilikinya dalam kadar yang normal, ada juga yang berlebihan.

Loading...

Nah jika kadar asam urat di dalam tubuh manusia berlebih, maka ginjal tidak berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat tersebut yang akibatnyakristal asam urat pun menumpuk pada persendian.

Gejalanya biasanya timbul rasa nyeri di bagian persendian dan tampak bengkak (berwarna kemerahan). Biasanya rasa nyeri ini terjadi pada malam dan pagi hari. Rasa nyeri ini akan terjadi secara berulang kali.

Asam urat merupakan penyakit yang berbahaya jika didiamkan begitu saja. Sehingga penting bagi anda untuk tahu apa saja cara-cara mengobati asam urat.

Saat ini memang sudah banyak orang yang menjual obat-obatan untuk mengatasi asam urat. Akan tetapi pertanyaannya adalah apakah obat tersebut benar-benar mampu mengobati dan tidak memberikan efek samping?

Jika anda tidak merasa yakin, maka sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya. Apalagi saat ini sudah banyak obat-obatan palsu yang hanya akan membahayakan tubuh anda.

Anda bisa menerapkan tips-tips sederhana untuk atasi asam urat di bawah ini.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas per hari. Tujuannya yakni membantu mengencerkan urin sehingga menghambat proses terbentuknya asam urat yang berlebih. Air putih ini tentunya akan menambah pasokan cairan di dalam tubuh.

Pasalnya jika tubuh kekurangan cairan, maka pengkristalan asam urat akan dengan mudah terbentuk. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih secara rutin juga mampu menjaga fungsi ginjal dan membantu ginjal dalam membuang zat asam urat yang diproduksi zat purin.

2. Kurangi makanan yang kaya akan zat purin

Hindarilah makanan yang mengandung zat purin dalam kadar yang tinggi, seperti ekstrak daging, seafood, jeroan, dan makanan-makanan yang dikeringkan.

3. Minum jus buah ceri

Minumlah jus buah ceri secara rutin. Tujuannya yakni membantu darah serta urin untuk menyeimbangkan sifat keasamannya. Tidak hanya itu, buah ceri juga memiliki kandungan kalium dan nutrisi yang dapat meminimalisir rasa nyeri yang diakibatkan asam urat.

4. Konsumsi makanan bersifat basa

Makanan bersifat basa ini berupa buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Makanan-makanan tersebut berfungsi menetralkan asam tubuh yang akan mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

5. Konsumsi jus lemon

Rutinlah mengkonsumsi jus lemon karena kandungan yang terdapat di dalamnya mampu membantu merangsang tubuh untuk memproduksi kalsium kabonat yang dapat menetralkan asam urat.

6. Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C mampu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Sehingga penting bagi anda untuk rutin mengkonsumsi vitamin ini.

7. Konsumsi cuka madu

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa cuka madu itu. Cuka madu ini biasanya dikemas dalam produk obat kesehatan. Cuka madu ini diklaim dapat memberikan basa di dalam tubuh yang mampu menetralisir zat asam yang terdapat di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, cuka madu juga dapat menghancurkan kristal-kristal asam urat.