Loading...

10 Cara Sederhana Atasi Sakit Kepala

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

SAKIT KEPALA

TERUSKAN.COM – Sakit kepala adalah rasa sakit pada bagian kepala yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti berlebihan dalam mengonsumsi kafein, melewatkan makan, dehidrasi, stres dan lain sebagainya.

Banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi sakit kepala tanpa memikirkan efek samping yang ditimbulkannya. Padahal sakit kepala bisa diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami hingga cara-cara yang simple loh.

Loading...

Penasaran? Yuk simak ulasan tentang cara sederhana mengatasi sakit kepala di bawah ini.

1. Air putih

Salah satu penyebab sakit kepala yaitu dehidrasi (kekurangan cairan pada tubuh). Anda juga pasti tahu bahwa air adalah komponen asupan yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Oleh karena itulah, ketika anda menderita sakit kepala, maka anda bisa langsung meminum air putih. Biasakan meminum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

2. Pisang

Buah pisang memang dikenal kaya akan manfaat. Buah pisang mengandung berbagai vitamin, seperti potasium hingga megnesium yang dapat mengurangi migrain.

Jadi jika anda sakit kepala, maka sebaiknya konsumsi pisang untuk mengurangi rasa sakitnya.

3. Kentang

Selain kekurangan cairan di dalam tubuh, sakit kepala juga bisa disebabkan karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Untuk mengatasinya, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium, seperti ketang.

Sebaiknya konsumsi kentang dengan cara penyajian dibakar atau direbus (jangan yang digoreng).

4. Es batu

Es batu juga ternyata mampu mengatasi sakit kepala. Caranya cukup mudah, di mana anda hanya perlu menggosok-gosokkan es batu pada area kepala yang terasa sakit secara perlahan.

Es batu ini berfungsi menyebabkan mati rasa pada area kepala yang sakit.

5. Kopi

Mengonsumsi kafein yang berlebihan memang tidak baik. Akan tetapi tahukah anda bahwa ternyata kopi dapat menjadi solusi saat anda mengalami sakit kepala. Akan tetapi perlu diingat bahwa anda hanya disarankan meminum kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir per hari.

6. Biji wijen

Biji wijen mengandung vitamin E yang mampu menstabilkan estrogen di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya migrain. Tidak hanya itu, biji wijen juga mengandung magnesium yang dapat mengobati sakit kepala.

7. Ikan

Mengonsumsi ikan juga ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk atasi sakit kepala, terutama ikan makarel, salmon atau tuna yang kaya akan omega-3 serta lemak esensial yang mampu membantu mencegah peradangan yang memicu migrain.

8. Semangka

Semangka adalah buah-buahan yang kaya akan air sehingga dapat menghindari anda dari dehidrasi yang dapat memicu sakit kepala.

9. Stretching

Stretching adalah gerakan peragangan (senam). Perlu anda ketahui bahwa sakit kepala bisa disebabkan karena otot-otot yang tegang. Jadi ketika anda sakit kepala, sebaiknya lakukan gerakan-gerakan senam atau yoga.

10. Tidur dengan teratur

Tahukah anda bahwa pola tidur yang salah juga menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Usahakanlah untuk tidur tidak terlalu lama dan cepat. Biasakan untuk tidur dengan waktu yang cukup yaitu 7-9 jam setiap harinya.