Loading...

Manfaat dan Bahaya Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Buah jengkol adalah nama buah yang sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga anda, bukan? Buah yang memiliki aroma khas ini memang kerap dianggap sebagai makanan favorit bagi masyarakat Indonesia.

Akan tetapi bagi anda penggemar jengkol, apakah anda tahu bahwa disamping memiliki manfaat, ternyata ada bahaya yang mngintai jika anda mengkonsumsi jengkol.

Mari kita simak ulasan mengenai manfaat dan bahaya jengkol bagi kesehatan tubuh, di bawah ini.

Loading...

jengkol

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Buah jengkol mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain :

• Protein

Jengkol mengandung protein yang cukup tinggi yakni 23,3g dari 100g bahan. Nilai protein nabati ini ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein yang terdapat di dalam makanan lainnya seperti kacang hijau dan kedelai.

Protein mampu menggantikan sel-sel yang sudah rusak di dalam tubuh, berperan dalam sistem hormone, membentuk jaringan baru, membentuk kecerdasan dan masih banyak lagi.

• Zat besi

Zat besi adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam pembentukan hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen serta karbondioksida. Sehingga mineral ini memang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika anda kekurangan zat besi, maka tubuh akan menjadi lemas, pucat dan lesu.

• Fosfor

Fosfor mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor yang terkandung di dalam jengkol adalah 166,7 mg/100 g bahan.

• Kalsium

Jengkol mengandung kadar kalsium 140 mg/100 g bahan. Kalsium ini mampu membantu menjaga tulang dari pengeroposan. Sehingga anda bisa mengkonsumsi jengkol untuk mendapatkan kalsium. Makanan ini baik juga dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

• Vitamin

Vitamin yang terkandung di dalam buah jengkol ini adalah vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin A mampu membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 berperan untuk membantu penyerapan protein, sementara B1 dapat menjaga kepeekaan syaraf.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah jengkol juga ternyata mampu melawan radikal bebas dan berperan dalam mencegah virus dan bakteri.

semur-jengkol

Bahaya Mengonsumsi Jengkol Berlebihan

Selain memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan, ternyata buah jengkol juga memiliki bahaya jika dikonsumsi berlebihan, yakni :

  • Jengkol memiliki kandungan asam jengkolat yang memiliki sifat sama dengan asam urat yang dalam konsentrasi tinggi dapat memicu kristal-kristal di dalam urin.
  • Asam jengkolat serupa dengan asam amino yang terdapt di dalam biji jengkol. Nantinya endapan asam itu akan memicu pembentukan kristal dengan ujung runcing yang dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah pada ginjal dan saluran kencing.
  • Seseorang yuang kerap mengonsumsi jengkol akan jarang buang air kecil. Sehingga jika dibiarkan terus menerus maka akan membentuk batu ginjal,

**

Jadi setelah mengetahui beberapa manfaat serta bahaya mengonsumsi jengkol, maka tentunya anda penggemar jengkol juga harus lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan ini.

Jengkol memang mengandung gizi yang tinggi sehingga baik dikonsumsi meskipun bau yang ditimbulkan tidaklah sedap. Akan tetapi tentunya tidak baik mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan mengingat bahaya-bahaya yang telah disebutkan di atas.

Ada baiknya setelah anda mengonsumsi jengkol, sebaiknya biasakan meminum air putih atau soda agar tidak menimbulkan retensi urin.