Loading...

Manfaat Bawang Merah Bagi Rambut dan Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Bawang merah ternyata tidak hanya dapat dijadikan sebagai bumbu masak saja, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta perawatan rambut loh. Banyak orang yang menggunakan bawang merah untuk mengatasi ketombe hingga menyuburkan rambut.

Di dalam satu butir bawang merah terdapat kandungan senyawa seperti sikloaliin, minyak atsiri, metilaliin, flavonglikosida, dihidroaliin, kuersetin, peptide, saponin, vitamin, fitohormon serta zat pati.

bawang merah

Loading...

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur penyedap masakan, ternyata bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaatnya? Yuk simak ulasannya.

1. Mengontrol tekanan darah

Sama seperti bawang putih, bawang merah yang dikonsumsi tanpa dimasak atau diolah menjadi sebuah jus ternyata mampu menstabilkan tekanan darah seseorang.

Hal ini lantaran bawang merah memiliki kandungan quercetin yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

2. Mengatasi sembelit

Bawang merah yang masih mentah mengandung serat yang dapat membantu keluarnya toksin atau partikel makanan yang sulit dicerna usus. Sehingga saat anda mengalami susah buang air besar (sembelit), maka anda bisa mengkonsumsi bawang merah

3. Menurunkan kadar kolesterol

Bawang merah juga mampu menjaga kadar kolesterol baik di dalam darah yang dapat melindungi tubuh dari resiko penyakit jantung.

4. Meminimalisir resiko diabetes

Manfaat bawang merah lainnya yaitu menurunkan resiko diabetes. Jadi jika anda memang memiliki penyakit ini, mungkin mulai sekarang anda bisa secara rutin mengonsumsi bawang merah

5. Mencegah berkembangnya sel kanker

Mengonsumsi bawang merah juga ternyata mampu membantu tubuh terhindar dari sel-sel kanker. Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawah merah mampu melindungi tubuh dari pembesaran usus.

Ini juga mampu mencegah sel-sel kanker paru-paru, payudara dan prostat

6. Mengatasi wasir

Menurut riset, bawang merah mentah mampu membantu menghentikan pendarahan serta mengurangi rasa nyeri pada dubur yang disebabkan oleh ambeien atau wasir.

Anda bisa mengkonsumsi bawang merh sebanyak tiga kali sehari untuk menghilangkan rasa nyeri serta pendarahan di bagian anus.

bawang merah

Manfaat Bawang Merah bagi Perawatan Rambut

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bawang merah juga ternyata baik loh untuk merawat rambut. Masa sih? Lihat saja ulasannya di bawah ini yuk.

1. Mengatasi rambut rontok

Salah satu khasiat bawang merah yaitu mengatasi rambut rontok. Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang merah mampu meningkatkan sirkulasi darah serta memperkuat rambut.

Caranya cukup mudah, yaitu olah bawang merah menjadi jus. Pijatlah kulit kepala menggunakan hot coconut oil selama kurang lebih 30 menit sebelum mengoleskan jus bawang. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit kepala. Kemudian tutup rambut menggunakan handuk hangat.

2. Menumbuhkan rambut

Memijat kulit kepala menggunakan jus bawang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang akan memicu pertumbuhan rambut baru. Bawang merah mengandung sulfur yang dapat menginduksi pertumbuhan rambut. A

nda bisa mencampur jus bawang merah dengan minyak kelapa lalu pijatlah kulit kepala anda, diamkan selama 40 menit dan bilas menggunakan air bersih.

3. Mengurangi ketombe

Anda bermasalah dengan ketombe? Jika iya, maka mungkin jus bawang merah bisa menjadi solusinya.

Campurlah jus bawang merah dengan dadih, lemon serta beberapa tetes madu. Oleskan campuran tersebut pada rambut anda selama 30 menit. Kemudian bilas menggunakan sampo anti ketombe