Loading...

Mengintip Peluang Bisnis Baby Shop

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Bisnis

baby shop

TERUSKAN.COM – Pertumbuhan penduduk yang semakin padat, kebutuhan hidup dan persaingan yang semakin tinggi, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, mendorong munculnya inovasi-inovasi baru dalam berbagai produk serta meluasnya lapangan kerja dan tingginya semangat untuk maju.

Kelahiran bayi merupakan peristiwa yang sangat dirindukan setiap keluarga. Kehadiran anak sebagai buah hati dan generasi penerus, menjadi anugerah terindah dan harta yang tak ternilai harganya.

Loading...

Siapapun yang akan dan telah menjadi orang tua baru, selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi sang buah cinta, baik semenjak masih di dalam rahim ibunda, setelah dilahirkan ke dunia, hingga tumbuh dan berkembang pada tahun-tahun berikutnya.

Perasaan gembira sebagai orang tua terlampiaskan dengan cara membeli berbagai kebutuhan sang anak. Mencari produk-produk yang terbaik demi memenuhi keinginan untuk menjadikan mereka senantiasa sehat dan cerdas. Perkembangan teknologi selalu menciptakan segala perlengkapan yang dibutuhkan anak-anak.

Dua hal tersebut, yaitu tak pernah terputusnya aktivitas manusiawi untuk memiliki keturunan dan besarnya keinginan orang tua membahagiakan buah hati dengan segala kebutuhannya yang mengikuti perkembangan jaman, menjadi latar belakang banyaknya berkembang bisnis baby shop.

Bisnis baby shop (toko bayi) tidak akan pernah berhenti selama masih ada bayi yang lahir, anak-anak yang tumbuh dan berkembang di tengah keluarga dan orang-orang yang penuh perhatian dan kasih sayang.

baby shop

Bukan hanya ayah dan bunda yang mempersiapkan segala perlengkapan sejak bayi baru lahir, melainkan juga anggota keluarga lainnya, seperti kakek-nenek, om-tante, juga rekan-rekan dan kerabat yang biasanya memberikan kado atau bingkisan pada saat hadirnya si jabang bayi.

Begitu pula ketika anak itu mengalami tumbuh kembang, tak henti orang tua memberikan banyak fasilitas demi meningkatkan kecerdasan dan memberi kebahagiaan kepada sang anak.

Apalagi saat sekarang ini, seiring kemajuan teknologi, bisnis baby shop bisa dijalankan di mana saja secara online, karena lebih mudah, hemat dan lebih kecil resikonya.

Untuk dapat menjalankan bisnis baby shop dengan aman, santai dan tetap berkualitas, kiranya perlu diperhatikan beberapa langkah berikut:

1. Amati minat pasar

Anda bisa mengetahuinya dengan cara browsing di internet, menyimak berita di media cetak atau pun televisi, atau bahkan hanya dengan memperhatikan apa yang sedang trend di lingkungan sekitar Anda.

Akan lebih mudah jika Anda pernah mengalami kehamilan, kelahiran bayi dan pertumbuhan serta perkembangan anak, sehingga Anda mengetahui dengan jelas setiap kebutuhan. Sebagai contoh, jika Anda membuka kios di lingkungan menengah, jangan menawarkan produk dengan harga yang tidak terjangkau.

baby shop

2. Membuat sesuatu yang mempunyai daya tarik tinggi

Khususnya jika Anda berjualan secara online, ciptakan inovasi baru, tidak harus dengan membuat produk baru, tetapi bisa juga dengan cara membuat rangkaian produk atau paket bingkisan menarik, dengan pelayanan pengemasan (packaging), pembuatan kartu ucapan selamat, sampai dengan pengiriman.

Cara seperti ini biasanya sangat membantu bagi para online shopper yang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk mencari kado.

3. Menjaga kualitas dan persaingan harga

Sistem apapun yang digunakan, membuka kios offline, dropship ataupun reseller, Anda harus tetap memperhatikan kualitas barang dan persaingan harga. Jangan menjual produk yang tidak aman bagi anak, secara bahan atau fungsinya.

Kepercayaan dan kepuasan konsumen lebih utama dibandingkan dengan keuntungan. Bila perlu, Anda bisa membuat ulasan untuk setiap produk yang dijual. Selain bisa menambah pengetahuan konsumen, tingkat kepercayaan masyarakat kepada toko Anda juga akan semakin tinggi.

**

Selamat berbisnis, semoga bukan hanya keuntungan materi yang Anda dapatkan, melainkan juga kepuasan Anda dan konsumen Anda.