Loading...

8 Makanan untuk Kecantikan Kulit

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Wanita

TERUSKAN.COM – Kesehatan kulit sangat bergantung pada pola hidup masing masing orang. Menginjak usia 30-an, akan muncul tanda tanda penuaan seperti flek hitam, kulit kusam dan keriput, yang menyebabkan kulit menjadi tidak cantik lagi.

makanan untuk perawatan kulit

Hal ini sangat meresahkan, terutama bagi kaum wanita. Tidak sedikit wanita yang membayar mahal untuk perawatan kulit dan pengencangan kembali kulit yang telah kendur.

Loading...

Namun bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu dan biaya untuk melakukan perawatan mahal tersebut, Anda dapat memperbaiki pola hidup Anda seperti olahraga teratur, tidur cukup, serta makan makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit Anda.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat Anda coba untuk menjaga kecantikan kulit Anda:

Strawberry

Buah berwarna merah mungil ini mengandung sejuta manfaat untuk kecantikan kulit. Perawatan kulit modern pun menggunakan masker strawberry untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah.

Strawberry mengandung vitamin C, antioksidan, mineral dan plavonoid untuk sintesis kolagen yang menjaga kekencangan kulit wajah, mengurangi kerusakan kulit karena sinar ultra violet, dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan kandungan wajib dalam setiap pembuatan krim perawatan kulit. Vitamin C akan membantu produksi kolagen yang menjaga kekencangan kulit.

Pada usia 35 tahun, produksi kolagen akan menurun, hal ini pun akan memicu masalah pada kulit, sehingga konsumsi vitamin C pun sangat disarankan. Selain itu vitamin C pada jeruk akan menghambat produksi melanin, zat pigmen yang menggelapkan kulit.

makanan untuk perawatan kulit

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama almond sangat kaya akan vitamin E yang berguna untuk melawan radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, dan menjaga kelembaban kulit.

Selain itu kacang-kacangan juga mengandung magnesium yang dapat melawan stress yang nantinya dapat berdampak pada kulit kusam dan berjerawat.

Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan memiliki manfaat menjaga elastisitas kulit, anti depresam, dan menghambat peradangan. Karena omega-3 tidak dihasilkan oleh tubuh, maka konsumsi ikan setiap hari dengan porsi yang cukup sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asam lemak ini.

Anda dapat mengonsumsi ikan yang sangat kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, hering, sarden, dan ikan kembung.

Teh Hijau

Mengkonsumsi berlebihan pada kafein dan soda dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan juga menyebabkan kulit kusam. Teh hijau mengandung antioksidan super yang mengurangi oksidasi dan peradangan kulit.

Selain itu kandungan pada teh hijau juga mencegah kerusakan kolagen pada kulit. Sehingga tak heran teh hijau juga populer untuk bahan pembuatan kosmetik, lotion dan masker.

makanan untuk perawatan kulit

Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung vitamin A yang sangat membantu dalam pergantian sel kulit tua dengan sel kulit baru, sehingga kulit Anda akan terlihat selalu segar.

Brokoli dapat Anda konsumsi dalam bentuk jus, campuran sup, maupun dikukus sebentar agar kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang.

Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan air dan kandungan bermanfaat bagi kulit seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, selenium, zinc, dan vitamin E baik pada daging buah maupun bijinya.

Kandungan berlimpah ini dapat melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini, dengan menjaga kelembaban kulit dan membuatnya lebih segar.

Paprika Merah

Paprika merah mengandung betakaroten dan vitamin C. Sayuran yang kerap dijadikan campuran pada tumisan ini dapat mengaktifkan zat dalam tubuh yang membantu pembentukan kolagen secara alami yang berfungsi mengencangkan kulit Anda.

**

Selain makanan di atas, Anda juga disarankan rutin meminum air putih. Air merupakan bahan yang dapat Anda temukan dengan mudah. Hampir 70% bagian tubuh adalah air. Namun kekurangan konsumsi air dapat menyebabkan kulit kusam, berjerawat dan kering.

Disarankan Anda mengonsumsi air minimal 8 gelas sehari. Anda dapat meminum segelas air sebelum tidur, 2 gelas air di saat bangun tidur, dan 5 gelas air di saat beraktifitas sehari hari.

Selain untuk kekencangan kulit, air juga akan membuat kulit Anda lebih bercahaya dan segar.