Loading...

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Dunia Karir

wawancara kerja

TERUSKAN.COM – Wawancara adalah saat dimana Anda akan merasakan berbagai luapan perasaan yang tidak menentu, terutama jika Anda sama sekali belum memiliki banyak pengalaman dengan hal tersebut. Ini bisa menjadi sangat sulit bagi Anda untuk ‘menjual diri’ dengan cara yang benar, mengutarakan segala kelebihan Anda tanpa terkesan menjadi sombong.

Itulah sebabnya berikut disajikan beberapa tips tentang cara untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda saat akan menghadapi wawancara kerja, sehingga diharapkan Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Loading...

Jadilah positif

Jika Anda termasuk dalam tipe orang yang sangat sulit untuk percaya pada kemampuan sendiri, maka ini adalah saatnya dimana Anda harus mampu mengubah sikap Anda.

Bayangkan bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang positif dari wawancara tersebut dan katakan kepada diri sendiri bahwa Anda dapat mencapai apa yang ingin Anda capai.

Tetapkan tujuan yang jelas

Menentukan tujuan yang jelas tentang apa saja yang Anda inginkan, akan membantu Anda mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi dan tidak terkesan arogan.

Tanyakan kepada diri sendiri apa yang Anda inginkan dari pekerjaan yang sedang Anda, mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut, dan apakah Anda orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Jika Anda merasa sulit untuk melihat diri sendiri secara objektif, mintalah seorang teman untuk membantu menilai Anda.

Berlatih sebanyak yang Anda bisa

Meningkatkan keterampilan wawancara Anda sama halnya dengan meningkatkan keterampilan apapun, maka dari itu berlatih adalah satu-satunya cara yang paling tepat untuk Anda lakukan.

Cobalah untuk meminta teman Anda untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang ada kaitannya dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Dengan melatih diri, Anda akan mampu untuk mengatasi rasa gugup saat sedang wawancara.

Yang perlu Anda ingat adalah usahakan membuat diri Anda santai dan tidak panik. Menjadi diri Anda sendiri dan jujur adalah poin yang sangat penting untuk menuju kesuksesan.

Dengarkan segala sesuatunya

Wawancara bukan hanya tentang bagaimana menyuarakan hal-hal tentang diri Anda. Sekarang ini, perusahaan kebanyakan memiliki gaya inovatif dalam mewawancarai calon pegawai, mereka memberikan informasi untuk Anda simak.

Maka dari itu, dengarkan dengan baik lalu setelah itu usahakan untuk mengajukan pertanyaan. Seraplah sebanyak mungkin informasi dan buatlah pewawancara terkesan dengan mengulang kembali ringkasan informasi tersebut.

Berjalan dengan percaya diri

Keyakinan mudah terbaca lewat postur tubuh dan nada suara Anda, sehingga sebaiknya Anda berjalan dengan punggung lurus, hiasi wajah dengan senyuman dan menyapa pewawancara Anda dengan jabat tangan erat dan tegas.

Tariklah napas dalam-dalam dan coba untuk bersantai sebisa mungkin. Berikan diri Anda sugesti bahwa Anda pasti akan mendapatkan hasil yang positif.

**

Itulah 5 tips meningkatkan rasa percaya diri saat menghadapi wawancara kerja.

Hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari tahu dan mengenal tentang profil perusahaan yang Anda lamar. Ini akan memberi kesan yang baik kepada Anda. Mencari pekerjaan tidaklah mudah tetapi selama Anda terus berusaha, Anda tentu akan berhasil pada akhirnya.wawancara kerja