Loading...

7 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kesehatan

menghilangkan bau kaki

TERUSKAN.COM – Kaki layaknya anggota badan lainnya juga membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Namun seringkali karena kesibukan aktifitas, kesehatan dan kebersihan kaki pun diabaikan. Pola hidup seperti inilah yang memicu bau tidak sedap pada kaki.

Akan terasa memalukan jika orang orang di sekitar Anda kemudian menjauhi Anda karena masalah bau pada kaki Anda yang membuat mereka tidak nyaman.

Loading...

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan kaki seperti memotong kuku kaki teratur, menggunakan kaos kaki dan sepatu yang bersih, dan mencuci kaki dengan sabun setiap selesai beraktifitas untuk mengusir bakteri yang memicu bau kaki.

Namun jangan khawatir jika kaki Anda terlanjur berbau tidak sedap. Berikut tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau kaki:

Sabun Anti Bakteri

Bau tidak sedap pada kaki salah satunya disebabkan oleh bakteri yang menempel pada kaki, terutama pada kaki lembab dan berkeringat. Anda dapat mencuci secara teratur kaki Anda dengan sabun anti bakteri.

Selain itu Anda juga dapat merendam kaki Anda dalam air yang dicampur dengan sabun anti bakteri selama beberapa menit. Sabun anti bakteri ini akan membunuh bakteri dan menghilangkan keringat yang tertinggal pada kulit kaki Anda .

Kopi

Kopi mengandung kafein, asam buah, mineral dan potasium yang menyerap bau tidak sedap. Caranya taburkan bubuk kopi pada kaki Anda setiap sebelum tidur, kemudian cuci bersih pada esok paginya. Kemudian taburkan bubuk kopi pada sepatu Anda untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang tersisa.

Anda juga dapat membungkus bubuk kopi dalam kertas tisu dan menyelipkannya dalam sepatu Anda.

Teh

Selain kopi, teh juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Teh mengandung zat tanin yang menghilangkan bakteri dan mengecilkan pori pori kulit agar produksi keringat tidak berlebihan.

Caranya cukup merendam kaki ke dalam 5 sendok teh yang dicampuh sebaskom air hangat selama 30 menit.

Baking Soda

Baking soda juga memiliki kemampuan membunuh bakteri pada kulit. Anda dapat merendam kaki Anda dalam larutan baking soda selama beberapa menit. Selain itu taburkan baking soda pada sepatu Anda dan diamkan semalam.

Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal manfaatnya sebagai antiseptik, antioksidan, dan anti jamur. Selain itu kandungan minyak atsiri pada daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh kuman dan menyerap bau tidak sedap.

Caranya didihkan 8 lembar daun sirih dan air, kemudian tambahkan garam, biarkan agak hangat kemudian gunakan rebusan ini untuk merendam kaki selama 20 menit.

Makanan

Bau kaki dapat dipicu karena stress maupun hormon masa remaja yang meningkatkan produksi keringat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium yang dikombinasikan dengan zinc secara teratur dapat mengendalikan produksi keringat berlebih yang menyebabkan kaki menjadi lembab dan disukai bakteri.

Beberapa makanan tertentu dapat mengendalikan hormon rasa nyaman yang dapat memperbaiki mood Anda. Anda dapat mengonsumsi beras merah, almond, salmon, yogurt, tiram, wijen, bawang putih, pisang dan jamur dalam menu makanan sehari hari Anda. Hindari makanan cepat saji dan berminyak.

Lemon

Lemon mengandung zat yang mengontrol dan menjaga kelembaban kaki. Anda dapat merendam kaki Anda pada air lemon selama 25 menit secara teratur.

**

Selain tips di atas, Anda juga sebaiknya rutin mengganti sepatu dan kaos kaki Anda setiap maksimal 2 hari sekali, hal ini untuk mencegah perkembangbiakan bakteri. Selain itu jangan menggunakan kaos kaki atau sepatu yang masih basah, ini juga memicu timbulnya bakteri pada keadaan yang lembab.

Gunakan kaos kaki dari bahan wol atau katun yang tidak menggumpal dan menyerap keringat. Berkonsultasilah pada dokter, jika Anda memilih menggunakan lotion anti bau kaki pada kaki Anda.