Loading...

Renovasi Ruangan Kantor Efektif, Efisien dan Elegan

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Desain, Dunia Karir

renovasi kantor

TERUSKAN.COM – Bagi sebagian orang, kantor bukan hanya sebagai tempat kerja, melainkan sebuah tempat untuk mencurahkan segenap kemampuan diri agar dapat bekerja maksimal.

Orang-orang yang kadang disebut workoholic  atau gila kerja, menghabiskan hampir seluruh waktunya di ruang kerja. Bahkan ada beberapa pekerja kantor yang menganggap kantor sebagaimana rumahnya sendiri.

Loading...

Menurut mereka, kantor tidak hanya tempat untuk mencari nafkah atau mendapat penghasilan, tetapi juga sebagai pelampiasan hobi dan bakat, memperoleh lebih banyak pengalaman dan teman sejawat. Sementara itu, rumah hanya dijadikan tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga pada malam hari selepas kerja atau di akhir pekan (weekend).

Oleh karena itu, suasana kantor biasanya dibuat senyaman mungkin supaya para pekerjanya merasa betah.

Terlebih lagi, kantor digunakan bukan hanya untuk diri sendiri atau beberapa orang seprofesi yang terlibat dalam pekerjaan yang sama, melainkan juga sebagai tempat untuk menerima klien atau kolega dari luar kantor, sehingga lalu lintas dalam kantor sebaiknya dibuat relatif tidak menyulitkan serta pemandangan interiornya diusahakan terlihat menarik dan elegan.

Untuk dapat merenovasi ruangan kantor agar menjadi lebih efektif, efisien dan elegan, ada baiknya Anda pertimbangkan hal-hal berikut ini sebagai masukan bagi jasa desain interior yang Anda gunakan.

renovasi kantor

1. Permudah arus sirkulasi dengan lay-out yang tepat

Kantor merupakan tempat hilir mudik para karyawan. Sesekali terjadi interaksi antara karyawan dengan atasan, dengan klien dan kolega dari kantor lain. Jangan lupa juga kehadiran office boy yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan kantor dan membantu melayani konsumsi ringan para pegawai.

Mengingat banyaknya orang yang berlalu-lalang di dalam kantor, sebaiknya diperhatikan arus sirkulasi yang baik untuk meminimalisir kemungkinan bertabrakan antar orang, misalnya di antara dua partisi atau perpindahan dari satu ruang ke ruangan lainnya.

Usahakan untuk tidak membuat arus sirkulasi yang berbelok-belok. Selain menyulitkan, berisiko terjadinya tabrakan antar karyawan, ruangan juga terlihat sempit dan tidak efektif. Cara ini juga bisa memudahkan peletakan pendingin ruangan (air conditioner).

2. Efisiensi interior ruangan

Gunakan perabotan yang memudahkan dalam penyimpanan berkas, peletakan perangkat komputer, printer, dan telepon. Ada beberapa perabot yang bisa dibuat multifungsi, misalnya rak buku atau lemari penyimpanan sekaligus sebagai partisi ruangan.

Tinggi partisi disesuaikan agar memudahkan controlling dan komunikasi antar karyawan. Jika ingin membuat ruangan lebih privasi dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi, partisi bisa disambung dengan kaca sedikit lebih tinggi.

Buat saluran kabel yang tersembunyi di sudut lantai atau salah satu dinding sisi ruangan dengan ditutup elemen tertentu, sehingga tidak ada kabel yang mengganggu di lantai atau terlihat di atas. Percabangan saluran jangan terlalu panjang dan berbelok-belok.

renovasi kantor

3. Penampilan yang cantik dan elegan

Ruangan kantor tidak harus dipenuhi dengan meja, kursi dan lemari berbentuk kotak-kotak yang menyebabkan suasana menjadi kaku dan monoton.

Untuk dapat memiliki daya tarik dan kenyamanan, Anda bisa juga mendesain perangkat kantor dan elemen interior lainnya yang unik tetapi tetap efisien, seperti bentuk lengkung pada meja dan kursi.

Penambahan berupa penghias dinding yang cantik seperti lukisan, foto dengan bingkai unik, bunga dan wallpaper penuh warna juga bisa membuat pemandangan lebih menarik dan tidak membosankan.

Pencahayaan dalam kantor sangat penting. Jika Anda tidak diuntungkan dengan posisi ruangan yang dekat jendela sehingga kurang mendapat sinar matahari, bisa diatasi dengan cat ruangan yang berwarna terang dan peletakan lampu yang tepat.

**

Selamat bekerja penuh semangat, dan raih manfaat dalam pekerjaan Anda.