Loading...

Daun Oregano dan Beragam Manfaatnya

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Kesehatan

daun oregano

TERUSKAN.COM – Nama oregano mungkin jarang dikenal oleh masyarakat luas. Sebagai tumbuhan herbal, hanya sebagian orang yang mengetahui dan memanfaatkan oregano dalam kehidupan sehari-hari.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, oregano (oreganum vulgare) atau Pot Marjoram adalah sebuah tanaman yang biasa ditanam di Mediterania, Asia Tengah dan Asia Selatan.

Loading...

Daun oregano berwarna hijau, dan merupakan keluarga mint yang memiliki aroma kuat, berasa hangat dan sedikit pahit. Oleh karena itu, tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap rasa dan pengharum aroma pada makanan khas Italia seperti pizza dan spaghetti.

Sebagaimana tumbuhan herbal lainnya, manfaat daun oregano sangat beragam, baik sekedar hiasan, dalam masakan maupun untuk kesehatan. Berikut manfaat daun oregano yang bisa kita rasakan.

1. Manfaat oregano sebagai tanaman hias

Tanaman oregano merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi 20 – 80 cm. Dengan tinggi tersebut, tanaman oregano bisa digunakan sebagai pagar hidup di pekarangan rumah.

2. Manfaat oregano dalam masakan

Daun dan bunga oregano kering dapat dijadikan rempah yang berfungsi sebagai bumbu masakan. Selain sebagai topping pada masakan khas Italia yaitu pizza dan spaghetti, oregano juga bisa digunakan sebagai bahan perasa agar minyak zaitun tidak terlalu hambar.

Oregano juga digunakan dalam saus tomat, bumbu masakan yang berbahan dasar domba, bumbu dari sebuah masakan bernama chillies, perasa dalam susu domba dan dapat juga digunakan sebagai dasar pembuatan keju dari susu domba.

Oregano

3. Manfaat oregano bagi kesehatan

– Dengan cara dimakan

Oregano mengandung zat besi, mangan dan vitamin A. Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga energi dan mencegah kelelahan.

Mengunyah daun oregano sebanyak tiga kali sehari bagi para wanita yang sering mengalami nyeri haid juga akan mengurangi rasa nyeri haid tersebut. Oregano juga merupakan sumber vitamin C yang bisa membantu meredakan iritasi pada gusi.

– Dengan cara dicampur dengan air dan diminum

Senyawa carvacol dan thymol dalam daun oregano berfungsi melancarkan proses pencernaan, mengobati gangguan perut dan mencegah sembelit. Caranya cukup dengan minum segelas air yang dicampur dengan dua atau tiga tetes minyak oregano.

Selain itu, minyak oregano juga berkhasiat untuk meredakan demam, influenza dan kongesti paru-paru, dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam segelas air dan diminum selama 3 – 5 hari.

– Dengan cara direbus

Oregano bisa direbus, disaring kemudian diminum sebagai teh. Karena memiliki antioksidan tinggi, oregano mampu memperlambat kerusakan pada sel dan mencegah penuaan dini.

Oleh sebab itu, oregano baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung dan juga penyakit kanker. Daun ini juga berfungsi untuk menenangkan saraf dan sangat membantu bagi mereka yang mengalami susah tidur.

– Dengan cara dioleskan

Sebagai obat luar, minyak oregano bermanfaat untuk mengobati luka, vaginitis, sariawan mulut dan bisul. Kandungan thymol pada oregano merupakan anti bakteri dan anti jamur sehingga mampu mengobati infeksi kulit.

**

Saat ini banyak dijual di supermarket berupa oregano kering maupun segar. Anda bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Selamat menikmati, semoga manfaat oregano dapat Anda rasakan.