Loading...

Waspadai 9 Perawatan Kecantikan Berbahaya Ini!

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

Perawatan kulit wajah

TERUSKAN.COM – Sebagai seorang wanita, pastinya anda akan berupaya melakukan berbagai cara demi terlihat cantik, menawan, dan awet muda. Tapi tahukah anda, jika banyak tempat perawatan kecantikan yang belum memenuhi standar kesehatan. Alhasil, praktik perawatan kecantikan tidak selalu aman, atau bisa dikatakan malah membahayakan!

Berupaya terlihat lebih cantik tentu tidak salah, tetapi alangkah lebih baik jika anda benar-benar berkonsultasi pada ahli medis yang tepat demi keamanan anda.

Loading...

Berikut adalah beberapa jenis perawatan kecantikan yang harus anda waspadai, salah-salah justru kesehatan anda yang terganggu.

Bonding

Jika anda memiliki rambut keriting, ide untuk membuatnya makin cantik dan terlihat alami mungkin dengan mencoba meluruskan rambut atau dikenal dengan istilah bonding menjadi salah satu langkah menarik.

Namun berhati-hatilah, lantaran proses meluruskan rambut dapat menjadi bahaya akibat bahan-bahan kimia yang digunakannya.

Banyak laporan menunjukkan jika penggunaan bahan kimia dalam proses tersebut dapat mengakibatkan iritasi kulit, terbakar, dan bahkan sesak napas.

Manikur gel

Manikur gel pada dasarnya bertujuan untuk membuat kuku anda terlihat lebih baik dan tahan lama dengan bentuk tertentu. Tapi, tidak semua gel yang digunakan aman, beberapa salon murah bahkan kerap menggunakan gel dengan kandungan kimia berbahaya.

Lilin telinga (ear candles)

Perawatan pembersihan kotoran telinga atau dikenal dengan istilah ear candle ini memang cukup populer beberapa tahun lalu. Tetapi, jika seseorang meletakkan secarik kertas gulungan pada telinga anda, lalu menyalakan api, sudah semestinya anda ragu.

Meski tujuan awalnya baik, yakni membuang kotoran dan racun dalam telinga, namun waspadalah, katena tindakan ini berpotensi terkena risiko telinga jadi terhalangi, terbakar, atau bahkan pecah pendengaran.

Perawatan kulit wajah dengan Facial Oxygen

Cukur alis

Tindakan mencukur alis juga bisa menjadi bahaya. Pengulangan cukur alis akan merusak folikel rambut alis.

Sebagian orang juga tidak canggung menggunakan pemanas cukur alis, dan parahnya kerap kali kulit di bagian bawah rambut alis juga terkelupas bersama dengan bulu alis.

Manikur murah

Jika anda mencari biaya murah untuk manikur, anda pun patut waspada karena bisa berpotensi bahaya juga. Cobalah untuk pergi ke tempat atau salon yang bereputasi dan direkomendasikan banyak orang.

Jika tukang manikur tidak ketat dalam kebersihan, maka anda pun bisa menjadi korban di mana anda bisa terkena infeksi jamur, bakteri dan bahkan meninggalkan noda atau kerusakan permanen pada kuku anda.

Tanning

Tren yang satu ini memang sungguh nyata saat ini, di mana banyak orang menyadari jika tanning dapat menggiring pada penuaan prematur, namun tetap saja eksis, sehingga banyak orang masih menggunakannya!

Tahukah anda, berdasarkan data, para wanita yang menggunakan tanning, sebanyak 55 persen lebih rentan terkena kanker kulit?

Make up bergantian

Jangan coba-coba berbagi alat-alat make up bergantian dengan teman anda, sekalipun hanya aplikator yang dapat dibuang yang biasa digunakan di toko-toko kecantikan.

Anda dapat dengan mudah terkena bakteri atau infeksi dari alat make up yang digunakan orang lain.

perawatan-kecantikan

Merampingkan pinggang

Jika anda sedang berupaya mencari cara untuk mendapat pinggang ramping dan mengurangi kalori, pergilah ke pusat kebugaran. Perampingan pinggang dengan penggunaan korset dapat membahayakan tulang rusuk iga dan bahkan membuat anda sulit bernapas.

Exfoliasi berlebih

Pengelupasan atau exfoliasi dapat membuang sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit anda, namun janganlah berlebihan.

Jika anda menggosok kulit wajah anda terlalu keras, maka anda akan mendapati kulit yang kasar. Hal itu juga dapat membuat kulit anda sensitif dan bahkan memecah kapiler darah.