Loading...

9 Manfaat Mengonsumsi Buah Pir

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

manfaat pir

TERUSKAN.COM – Buah pir memiliki kandungan fiber tinggi, serta vitamin dan mineral dan tentu saja buah pir juga memiliki rasa yang lezat. Pir merupakan sumber penting nutrisi yang mestinya menjadi daftar menu dalam diet.

Selain itu, pir juga merupakan buah hypo-allergenic, sehingga anda tidak akan mendapat reaksi alergi jika mengonsumsi buah ini secara rutin.

Loading...

Nah, berikut adalah beberapa manfaat hebat mengonsumsi buah pir, dilansir dari beautyandtips.com.

Baik untuk pencernaan

Manfaat baik dari buah pir adalah melancarkan pencernaan. Konsumsi satu buah, dengan ukuran medium pir mengandung 20 persen fiber yang dianjurkan dalam sehari.

Ini merupakan cara baik untuk melancarkan sistem pencernaan serta tetap menjaga makanan bergerak secara lembut melalui kolon.

Meningkatkan sistem kekebalan

Buah pir juga mengandung zat kekebalan berupa vitamin dan mineral yang membantu anda untuk melawan infeksi.

Seperti halnya, dosis yang terkandung pada vitamin C, pir juga mengandung vitamin K dan A, zat besi, tembaga, dan potasium yang membantu meningkatkan sistem kekebalan.

Melindungi dari kanker

Manfaat kesehatan pir juga adalah melindungi anda dari risiko kanker. Seperti halnya fungsi fiber, pir mengandung zat antioksidan, vitamin C, dan A, dan phytonutrient yang melindungi anda dari kanker.

Baik untuk ibu hamil

Satu buah pir berukuran medium terdiri dari 5 persen asam folik yang dibutuhkan setiap harinya. Asam folik memainkan peranan penting guna mendorong perkembangan kesehatan pada bayi dalam kandungan.

jus pir

Mengurangi kolesterol

Pir juga mengandung konsentrasi tinggi pektin, yang merupakan jenis fiber mudah larut dan dikenal mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Zar pektin mengikat asam (air) empedu pada perut dan membantu membuang kolesterol dari sistem.

Mencegah diabetes

Jika anda memakan buah pir, bersama dengan kulit-kulitnya, maka dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2. Kulit pir mengandung beberapa zat flavonoid yang dikenal berguna meningkatkan sensitivitas insulin dan menangkis diabetes.

Memperkuat energi

Buah pir juga sangat bermanfaat sebagai penguat energi di antara makanan ringan lainnya. Jika anda merasa lelah seharian, cobalah untuk memakan satu buah pir, karena memiliki banyak fruktosa dan glukosa yang akan mendorong tingkat energi anda.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana seseorang kehilangan kepadatan tulang, sehingga membuat tulang menjadi retak.

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah pir. Buah ini mengandung boron, yang membantu meregulasi kalsium di dalam tubuh dan menguatkan tulang.

Membersihkan dahak

Manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi buah pir tidak berhenti sampai di situ. Pir juga sangat baik untuk membersihkan dahak atau lendir, terutama pada anak-anak.

Jika anda memberi anak anda segelas  jus pir, ketika mereka merasa sulit bernapas dengan batuk-batuk, maka langkah tersebut akan membantu membersihkan lendir dari tenggorokan atau dada mereka.