Loading...

5 Tips Bijak Saat Membeli Handphone

Penulis: Nanie Rubrik: Teknologi, Teknologi

TERUSKAN.COM – Di tengah banyaknya pilihan yang ditawarkan, pembeli harus menjadi orang yang cerdas dalam memutuskan barang apa yang akan dibelinya. Demikian halnya dengan membeli handphone, sarana komunikasi yang satu ini semakin menjadi barang yang wajib dimiliki.

Produsen handphone pun tak kalah gencar memperkenalkan produknya. Satu merk dan lainnya bersaing keras dengan menawarkan berbagai fitur-fitur canggih dan menggiurkan. Tetapi, kembali lagi, pembelilah yang harus menentukan handphone apa yang akan dibelinya.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu anda untuk menentukan pilihan. Simak 5 tips bijak dalam membeli handphone yang diulas berikut ini.

Loading...

5 Tips Bijak Saat Membeli Handphone

Berkaca pada diri sendiri

Jadilah pembeli yang mengerti kebutuhan diri sendiri. Tanyakan diri anda apa sebenarnya yang anda inginkan ada pada sebuah handphone.

Kapasitas memori yang besarkah atau desain yang menawan? Ingin internetan ngebutkah atau kemampuan kamera yang sophisticated? Mendukung kegemaran anda bersosial mediakah atau sekedar chatting saja sudah cukup? Dual SIM atau tidak?

Hal-hal seperti ini perlu anda tanyakan pada diri sendiri agar bisa mengerucutkan pilihan. Termasuk pertimbangan after-sales nya baik itu servis maupun perihal assesoris. Perlu diingat, tidak ada satu merek pun yang dengan sempurna memiliki semua fitur terbaik sekaligus di dalamnya.

Budget

Setelah fitur apa yang diinginkan sudah anda tentukan, mulailah mempertimbangkan budget. Ini menjadi penting agar bisa menyesuaikan kemampuan keuangan anda dengan keinginan anda akan handphone. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Tidak perlu memaksakan diri membeli yang mahal, jika yang harga menengah pun sudah memenuhi fitur-fitur yang anda cari. Apalagi merk-merk handphone ternama sekalipun sudah menyediakan produk kelas menengah dengan fitur yang cukup memuaskan.

Cari informasi

Setelah fitur dan budget sudah anda tentukan, silahkan search di internet merk apa kira-kira yang sesuai dengan kebutuhan anda. Informasi mengenai spesifikasi harus betul-betul anda perhatikan karena disitulah anda temukan informasi fitur-fitur yang anda cari.

Pilihlah yang paling banyak sesuainya dengan kriteria yang anda cari, karena seperti yang diinfokan sebelumnya, tidak ada satu merekpun yang memiliki sekaligus fitur paling sempurna di dalamnya. Bagi anda yang mengutamakan internet ngebut pastikan sudah mendukung kualitas (minimal) 3G.

Perlu dipastikan, karena merek smartphone ternama sekalipun masih ada yang belum mendukung 3G, terutama produk harga menengahnya.

Pembeli yang teguh hati

Setelah semua tahap tadi dilakukan, anda sudah bisa menentukan beberapa opsi yang akan menjadi incaran anda. Saat berhadapan dengan penjual, pastikan pilihan yang diberikan tidak melenceng dari yang sudah anda persiapkan. Jadikanlah penjual sebagai partner diskusi mengenai fitur-fitur tadi, bukan sebagai pemberi informasi.

Dengan kata lain, anda harus menjadi pembeli yang cerdas, yang sudah punya basic pengetahuan tentang handphone yang akan anda beli. Tidak perlu terlalu detail, yang penting fitur yang anda cari sudah anda ketahui info dasarnya. Jangan lagi tergoda atau labil ketika penjual menyarankan anda mempertimbangkan merk-merk lain yang sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang sudah capek-capek anda persiapkan sebelumnya.

Menggunakan handphone sesuai tujuan

Handphone yang sudah anda beli pastikan digunakan sesuai dengan tujuan anda yang sebenarnya. Jangan sampai tahapan (persiapan) yang anda lakukan sebelumnya jadi sia-sia.

Jika sebelumnya anda mengutamakan fitur chat, maka chattinglah semaksimal mungkin dengan handphone anda, tentunya dengan masih mempertimbangkan lingkungan sekitar. Demikian juga bagi anda yang mengutamakan fitur koneksi internet, maksimalkan fungsi itu di handphone anda.

**

Demikian tips yang bisa anda coba, semoga membantu menemukan handphone yang sesuai dengan kebutuhan anda.