Loading...

5 Cara Lezat Menikmati Biji Rami Untuk Dikonsumsi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Anda mungkin sudah mengetahui manfaat besar dari biji rami untuk kesehatan bukan ? Yah, Biji rami adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah diabetes serta penyakit inflamasi. Biji rami juga dapat dengan mudah Anda temukan sehingga tidak sulit untuk dikonsumsi.

Namun, bagaimana cara mengkonsumsinya? Bisakah biji rami dikonsumsi mentah atau harus melakukan pengolahan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi? Berikut beberapa cara mengkonsumsi biji rami yang dapat Anda coba di rumah. Simak ya.

5 Cara Lezat Menikmati Biji Rami Untuk Dikonsumsi

Loading...

1. Salad and Sandwich

Biji rami panggang dapat ditambahkan pada salad favorit  dan sandwich Anda bersama dengan sayuran lain, topping dan saus. Biji rami akan menambah rasa gurih dan kriuk pada salad dan sandwich yang cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi atau siang Anda.

2. Roti Atau Smooties

Omega-3 dari biji rami sebenarnya terletak di dalam benih biji rami, jadi sangat penting untuk mengunyah biji secara menyeluruh untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Cara termudah untuk melakukannya yaitu dengan menghancurkan biji rami dan hamburkan pada roti atau  smoothie saat sarapan pagi.

3. Minyak Biji Rami

Untuk Anda yang tidak begitu menyukai mengkonsumsi biji rami langsung atau mencampurkannya pada makanan,menggunakna minyak biji rami juga memberikan manfaat yang sama. Meskipun minyak biji rami tidak begitu baik digunakan untuk memasak, namun jika digunakan untuk menumis ringan menjadi cara memasak terbaik dan paling ramah. Selain itu, anda juga dapat menambahkannya sebagai pelengkap salad.

4. Sebagai Suplemen

Suplemen biji rami juga sudah mulai tersedia di pasaran untuk Anda yang tidak ingin mengkonsumsi biji rami langsung.  Hanya mengkonsumsi satu pil suplemen biji rami akan memenuhi kebutuhan gizi Anda. Tentu saja, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen biji rami.

5. Pengganti Telur

2 sendok makan biji rami setara dengan satu biji telur. Anda dapat mengkonsumsi setengah dari telur dan biji rami yang akan memberikan manfaat dan keuntungan yang sama. Anda bahkan dapat menambahkan biji rami untuk roti panggang saat sarapan pagi.

**

Demikian beberapa cara menikmati biji rami yang bisa Anda coba. Selain beberapa cara di atas, masih banyak cara lain menikmati biji rami seperti mencampurkannya pada yoghurt,  burger, topping untuk pizza, es krim bahkan saus yang Anda buat sendiri. Banyak cara menikmati manfaat kesehatan dari biji rami yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Meskipun baik, biji rami juga memiliki efek samping yang harus diketahui. Biji rami mengandung glikosida sianogen yang akan menghasilkan racun pada usus yang membuatnya berbahaya saat dikonsumsi berlebihan.

Biji rami tidak disarankan untuk dikonsumsi anak. Untuk dosis orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi biji rami tidak lebih dari  2 sendok makan atau 50 gram. Untuk beberapa orang dapat mengalami gangguan pencernaan ringan dan perut kembung ketika makan biji rami untuk pertama kalinya tetapi ini biasanya bisa hilang sendiri.

Semoga bermanfaat.