Loading...

7  Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Dunia Karir

Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

TERUSKAN.COM – Banyaknya pekerjaan dan waktu deadline yang semakin dekat, membuat sebagian orang membutuhkan rekan kerja untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan. Beberapa perusahaan bahkan membentuk tim untuk menyelesaikan sebuah proyek keci maupun skala besar.

Meski terdengar menyenangkan, tetapi menggabungkan banyak karakter dalam satu tempat tentunya akan menimbulkan kendala yang tidak terduga. Beberapa dari Anda bersemangat melakukan projek atau tugas,  tetapi sebagian hanya duduk diam berpangku kaki. Keadaan seperti ini yang sering menimbulkan masalah dalam sebuah tim atau group.

Loading...

Karena itu, untuk mengatasi rekan kerja yang hanya membuat Anda kesal, kami berbagi beberapa tips menghadapi rekan kerja yang malas agar kerjaan lancar dan hati anda pun senang.

1. Hindari Gangguan

Rekan kerja Anda mungkin malas saat waktu bekerja, tetapi Anda tidak harus membiarkan diri dan waktu yang Anda miliki menjadi terganggu karena hal tersebut.

Jika Anda terus-menerus memeriksa apa yang mereka lakukan, akan memungkinkan Anda kehilangan fokus saat bekerja.

2. Hindari Ajakan

Apabila Anda sudah menyadari karakter dan apa yang rekan kerja Anda lakukan, saat mereka menawarkan waktu untuk beristirahat atau makan siang yang lebih lama sebaiknya lakukan penolakan.

Saat Anda mengiyakan ajakan tersebut, tidak menutup kemungkinan rekan kerja lain akan menganggap Anda sama tidak produktifnya dengan dia.

3. Jadi Diri Sendiri

Anda tahu rekan kerja Anda malas, tapi jangan habiskan waktu Anda hanya dengan mengeluarkan emosi atau mengomentari mereka. Jika Anda melakukan hal tersebut, secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas kerja dan tentunya menambah beban pikiran.

Jangan mengubah sikap Anda hanya karena rekan kerja yang malas. Menyadari hal yang mereka lakukan tetapi tidak terpengaruh oleh mereka, terus produktif dan menjadi diri sendiri, tentu akan lebih baik.

4. Hindari Melakukan Pelaporan

Jangan pernah mengeluh atau melaporkan rekan kerja Anda yang malas. Supervisor Anda mungkin sudah menyadarinya lebih dulu, tetapi ketika Anda melaporkannya hanya akan membuat Anda dicap sebagai seorang pengadu, pelapor atau bahkan penjilat kepada atasan.

Biarkan atasan Anda yang mengambil dan membuat keputusan.

5. Hindari Mengambil Alih Pekerjaan Rekan

Jika rekan kerja Anda malas, tentunya bukan menjadi tanggung jawab Anda. Jangan mengambil tanggung jawab atau pekerjaan yang sudah ditugaskan pada mereka hanya karena pekerjaan itu sangat penting untuk dilakukan.

Selama Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal lainnya.  Anda hanya perlu mengingatkan mereka tentang tenggat waktu dan tugas-tugas yang tertunda tanpa harus mengambil alih pekerjaan.

6. Gunakan Kemalasan Mereka Sebagai Kesempatan

Taktik tidak hanya berlaku di medan perang, saat Anda berada di dunia kerja hal ini juga bisa digunakan untuk menentukan kesuksesan Anda. Teradang Anda dapat mengubah situasi yang tak diinginkan menjadi keuntungan Anda sendiri.

Misalnya saja dengan mengambil kesempatan dari rekan kerja yang malas yang memungkinkan Anda untuk menjadi seorang pemimpin. Pendekatan pada atasan dan melakukan segala hal tepat waktu akan membuka jalan untuk Anda melangkah ke jenjang karir yang lebih baik.

**

Demikian beberapa tips menghadapi rekan kerja yang malas. Anda tidak harus menghabiskan waktu mengurusi rekan kerja Anda. Yang harus Anda lakukan hanya menyelesaikan apa yang sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.