Loading...

Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Perawatan Rambut

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

pandan

TERUSKAN.COM – Pandan wangi adalah tanaman dengan nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb. Tanaman ini biasa hidup di rawa-rawa atau tempat yang teduh dan lembab. Daun pandan wangi ini kerap dijadikan sebagai zat pewarna alami atau pengharum makanan.

Selain untuk pengawet dan pewarna, tanaman ini kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional, mengobati rematik, lemah saraf dan pegal linu. Selain itu, daun pandan wangi kerap dimanfaatkan untuk merawat rambut.

Loading...

Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Perawatan Rambut

Tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan obat tradisional, daun pandan juga ternyata baik untuk perawatan rambut. Di bawah ini ada beberapa manfaat daun pandan:

1. Mengatasi rambut rontok

Sediakanlah 1 lembar daun pandan, 1 genggam urang-aring, 10 lembar daun waru muda, 10 kuntum bunga melati, 5 lembar daun mangkokan, serta 1 kuntum bunga mawar.

Cuci bersih semua bahan tersebut dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan setengah cangkir minyak wijen, minyak kepala dan minyak kemiri. Kemudian rebus semua bahan sampai mendidih dan saring airnya.

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala hingga merata dan tutupilah rambut dengan handuk hangat.

Lakukan cara ini secara rutin pada malam hari sebelum tidur. Anda bisa membilasnya keesokan hari lalu keramaslah seperti biasa. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

2. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah pada rambut yang menjengkelkan. Anda bisa mengatasinya dengan daun pandan.

Caranya yaitu siapkan 7 lembar daun pandan wangi yang sudah dicuci. Lalu potong daun tersebut dan haluskan dengan cara diblender. Tambahkan setengah cangkir air bersih dan remas-remas. Kemudian saring airnya dan gunakanlah pada rambut anda secara merata. Biarkan sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

mengatasi-rambut-rontok-dan-berketombe-dengan-pandan-wangi

3. Menghitamkan rambut

Memiliki rambut sehat dan hitam berkilau adalah hal yang didambakan oleh setiap wanita. Ambillah 7 lembar daun pandan yang sudah dicuci sampai bersih. Rebus menggunakan 1 liter air sampai airnya berubah berwarna hijau. Kemudian embunkan air rebusan selama 1 malam.

Keesokan harinya, anda bisa mencampurkan air rebusan daun pandan dengan perasan air 3 buah mengkudu. Lalu keramaslah dengan menggunakan ramuan tersebut. Lakukanlah cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Manfaat Daun Pandan Wangi bagi Kesehatan

Di bawah ini ada beberapa manfaat daun pandan wangi bagi kesehatan, antara lain.

1. Mengobati rematik

Rematik adalah penyakit yang kerap diderita oleh orang tua. Nah daun pandan wangi ini biasa dijadikan untuk mengatasi rematik.

Caranya yaitu dengan mengambil 3 lembar daun pandan segar, lalu cuci bersih dan potong hingga menjadi beberapa bagian. Seduh daun tersebut dengan setengah cangkir minyak kelapa yang telah didinginkan sambil diaduk sampai merata. Setelah dingin, anda bisa menggosokannya di bagian tubuh yang sakit

2. Mengobati lemah saraf

Ambillah 3 lembar daun pandan wangi yang sudah dicuci bersih. Lalu rebus dengan 3 gelas air hangat sampai tersisa 2 gelas saja. Jika sudah dingin, minum ramuan itu sebanyak 2 kali sehari secara rutin pada waktu pagi dan sore

3. Mengobati pegal linu

Daun pandan wangi juga ternyata bisa mengobati pegal linu. Caranya yaitu dengan menyiapkan 5 lembar daun pandan yang masih segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih semua dan tersebut dan tumbuk sampai halus.

Tambahkanlah 1 sendok makan minyak gandapura dan minyak kayu putih dan aduk sampai merata. Lalu gosokkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terasa linu.