Loading...

Berbagai Khasiat Susu Kedelai

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

susu kedelai

TERUSKAN.COM – Susu kacang kedelai adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai. Susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga susu kedelai ini memang sangat baik dikonsumsi secara rutin.

Di bawah ini ada berbagai manfaat yang diperoleh dari susu kedelai.

Loading...

1. Mencegah kerusakan sel

Pada kacang kedelai terdapat senyawa antioksidan yang dikenal isoflavon yang baik untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh serta memperbaiki sel yang mengalami kerusakan.

2. Anti kanker

Senyawa isoflavon yang terkandung di dalam susu kedelai memang memiliki banyak fungsi. Selain mencegah kerusakan sel, antioksidan ini ternyata juga berperan sebagai antikanker yang dapat memerangi sel-sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah oleh isoflavon ini adalah kanker payudara, rahim dan prostat.

3. Mencegah serangan jantung

Kombinasi antara protein dan antioksidan flavon di dalam susu kedelai ternyata mampu membantu mencegah serangan jantung. Hal ini dikarenakan kedua nutrisi tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meminimalisir pembekuan darah.

4. Mencegah osteoporosis

Seperti yang kita tahu bahwa protein akan memastikan terserapnya kalsium pada tulang. Di sinilah peranan protein tidak lepas dari bantuan isoflavon yang juga dapat mencegah dan menghambat kerusakan tulang dan osteoporosis.

5. Mengontrol berat badan

Susu kedelai sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Serat tinggi yang terkandung di dalamnya ternyata sangat baik untuk tubuh dan mampu memicu penurunan berat badan.

Serat tersebut akan membantu mengontrol nafsu dan rasa lapar dalam jangka waktu yang agak panjang.

susu kedelai

6. Mengatasi menopause

Semua lansia pasti akan mengalami masa menopause. Nah pada masa menopause ini biasanya badan akan terasa panas. Disinilah kandungan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai mampu membantu mengurangi rasa panas (hot flushes) pada badan.

7. Mencegah penuaan dini

Susu kedelai mengandung banyak protein, zat senyawa anti aging dan vitamin E. Susu kedelai ini diklaim dapat membantu mencegah penuaan dini. Sehingga jika anda ingin terhindar dari penuaan dini, anda bisa mulai rutin mengkonsumsi susu kedelai agar terlihat awet muda.

8. Mengatasi intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa ini yaitu sistem pencernaan yang tidak dapat berfungsi untuk mencerna serta menyerap laktosa atau lemak susu karena terbatasnya enzyme laktase di dalam tubuh yang memecah laktosa menjadi glukosa serta galaktosa agar dapat dengan mudah dicerna oleh usus.

Jadi memang sebaiknya anda tidak memberikan susu kedelai kepada balita yang mengalam intoleransi laktosa ini.

9. Memperkuat integritas pembuluh darah

Susu kedelai mengandung lemak omega-3, omega-6 serta lemak nabati dapat melindungi pembuluh darah dari pendarahan serta kerentanan luka. Kedua lemak nabati tersebut juga berperan melindungi jaringtan sel dari radikal bebas serta penimbunan kolesterol.

Selain itu dengan rutin mengonsumsi susu kedelai juga dapat meningkatkan kelancaran dan fleksibilitas pembuluh darah dalam mengalirkan darah.

10. Mencegah diabetes mellitus

Kandungan protein yang terdapat di dalam susu kedelai ternyata dapat dengan mudah diterima ginjal dibandingkan dengan protein yang lainnya yang beral dari hewan. Sehingga mengonsumsi susu kedelai ini memang baik bagi penderita diabetes mellitus.