Loading...

Tips dan Kiat Menambah Nafsu Makan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

nafsu-makan

TERUSKAN.COM – Makanan adalah hal yang sangat penting yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini lantaran sumber energi berasal dari makanan yang kita konsumsi. Energi di dalam tubuh timbul karena adanya proses pembakaran karbohidrat, lemak dan protein. Oleh karena itulah penting bagi anda untuk selalu memenuhi asupan makan demi terciptanya energi yang baik.

Kurangnya selera atau nafsu makan tentunya akan mempengaruhi tubuh anda. Bahkan berat badan anda pun juga bisa mengalami penurunan. Ada banyak penyebab kurangnya selera makanan seperti demam tifus, influenza, peradangan, bad mood dan masih banyak lagi.

Obat Herbal Mengatasi Kurang Nafsu Makan

Untuk mengatasi kurangnya nafsu makan, anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Akan tetapi lebih baik lagi jika anda mengikuti sejumlah tips alami di bawah ini untuk mengatasi selera makan yang tidak kunjung membaik.

Loading...

1. Temulawak

Salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menambah nafsu makan adalah temulawak.

Anda bisa memartu 30 gram rimpang temulawak hingga halus, tambahkan 3 sendok makan air dan peras parutan rimpang temulawak itu. Kemudian tambahkanlah 1 sendok teh gula aren ke dalam air perasan. Anda bisa mengkonsumsi air perasan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

 2. Daun pepaya

Caranya cukup mudah yakni dengan melumatkan daun pepaya yang sudah dibersihkan. Kemudian anda bisa menambahkan setengah gelas air dan garam secukupnya saja.

Jika sudah, peraslah hingga keluar airnya. Anda bisa meminum air perasan untuk membantu menambah nafsu makan. Anda bisa melakukannya pada pagi hari secara rutin.

 3. Daun kenikir

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menjadikan daun nikir sebagai lalapan. Akan tetapi jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar kuman dan bakteri yang menempel terangkat semua.

Tips Menambah Selera atau Nafsu Makan

1. Berolahraga

Semua jenis latihan olahraga yang meningkatkan detak jantungnya tentu dapat membantu proses pembakaran kalori. Jadi saat tubuh anda sedang mengalami pembakaran kalori, maka hal ini akan merangsang nafsu makan anda.

2. Tertawa

Menurut seorang dokter dari Loma Linda University mengungkapkan bahwa ternyata tertawa berpengaruh pada selera atau nafsu makan seseorang. Penelitian ini tentunya menjadi sebuah jalan keluar bagi anda yang memiliki masalah pada kurangnya selera makan.

3. Hindari asupan cairan sebelum makan

Sebuah riset membuktikan bahwa seseorang yang meminum 2 hingga 8 ons gelas air sebelum makan akan menghilangkan 5 pound tambahan ketimbang seseorang yang tidak meminum air sama sekali saat ingin makan.

4. Suplemen vitamin B

Cara menambah selera makan selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin B. Vitamin B ini diklaim dapat meningkatkan mood seseorang yang mungkin dapat efektif bagi mereka yang kurang nafsu makan.

5. Mengonsumsi jeruk

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang mampu membantu meningkatkan selera makan dan menjaga sistem imun tubuh. Oleh karena itulah, anda bisa secara rutin mengkonsumsi vitamin C agar mendapatkan keuntungannya secara optimal.

**

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan bagi anda yang merasa kurang nafsu makan. Jangan pernah anda menyepelekan asupan makanan sehari-hari karena ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Jika anda memang ingin hidup sehat, tentunya anda harus selalu memperhatikan pola makan anda. Pastikan juga bahwa anda mengonsumsi makanan yang menganding 4 sehat 5 sempurna.