Loading...

Manfaat Mendengarkan Alunan Musik Bagi Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

mendengarkan musik

TERUSKAN.COM – Musik sepertinya sudah menjadi sesuatu yang melekat dalam kehidupan manusia dan sulit untuk dilepaskan begitu saja. Musik memang dipenuhi dengan keajaiban serta mampu memberikan semangat atau penghibur di kala sepi.

Alunan musik juga diklaim sebagai alternatif untuk mengobati penyakit. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pengobatan yang menggunakan alunan musik sebagai metode pengobatan alternatif. Kala alunan musik berdendang, maka tubuh serta pikiran pun akan lebih rileks.

Loading...

Nah anda bisa membayangkan jika anda sedang berada dalam kondisi kepala yang mumet dengan banyaknya pikiran maka sebaiknya alihkan pikiran anda sejenak dengan mendengarkan alunan musik yang anda sukai.

Saat anda merasa pusing ataupun bosan, maka jangan ragu untuk mendengarkan alunan musik karena hal ini dapat menghilangkan kepenatan. Dengan tubuh yang rileks tentunya tubuh juga akan lebih bugar.

manfaat mendengarkan musik

Musik Dapat Menyembuhkan Penyakit

Banyaknya percobaan yang sudah dilakukan untuk menguji keberhasilan musik. Hasilnya memang mengungkapkan bahwa musik dapat menyembuhkan banyak penyakit, mulai dari penyakit fisik hingga psikis.

Oleh karena itulah jika dibandingkan dengan obat medis biasa, maka menggunakan alunan musik untuk pengobatan akan lebih baik karena terhindar dari efek samping.

Sebenarnya apa sih yang terjadi ketika seseorang mendengarkan alunan musik?

Otak manusia terdiri dari otak kiri dan otak kanan. Bagian otak kiri memiliki fungsi untuk menganalisa ataupun berpikir, sementara itu otak kanan berperan untuk bersosialisasi dan berkreativitas.

Nah saat seseorang mendengarkan alunan musik, maka fokus dari otak kiri berubah ke otak kanan. Musik sendiri membuat otak kiri yang biasa bekerja secara aktif dapat lebih tenang, sementara bagian otak kananlah yang berperan lebih aktif.

Karena itulah saat seseorang mendengarkan alunan musik, maka akan membantu tubuh anda tetap bugar. Nada irama lembutnya tentu akan membuat seseorang menjadi lebih rileks.

Akan tetapi, ada hal kecil yang sebenarnya perlu diperhatikan ketika mendengar lagu. Ada musik yang cocok untuk didengarkan pagi hari, siang hingga malam hari. Hal ini biasanya dipengaruh oleh perubahan bioritme tubuh.

Jadi ketika anda termasuk ke dalam tipe seseorang yang aktif, maka anda bisa melakukan terapi musik ketika sedang merasa bosan atau jenuh.

-manfaat-musik

Anda bisa juga melakukan pijatan kecil pada wajah anda sambil mendengarkan melodi dan musik favorit. Anda hanya perlu melakukannya dalam 30 menit setiap hari dan anda bisa merasakan bagaimana perubahan yang terjadi pada tubuh anda.

Tubuh pun akan menjadi lebih bugar, rileks dan sangat berpengaruh pada sosialisasi anda dengan orang-orang yang lainnya.

**

Nah, sekarang anda tahu kan bahwa mendengarkan alunan musik ternyata memang memiliki banyak kelebihan. Sehingga mulai sekarang mungkin anda bisa sesering mungkin mendengarkan lagu. Apalagi saat anda merasa pusing atau stres karena urusan pekerjaan dan aktivitas yang terlalu padat. Dengan mendengarkan musik ini maka tentunya anda akan merasa lebih rileks dn santai.

Mendengarkan musik ini juga akan membantu meningkatkan mood anda. Jadi saat anda merasa mood anda memburuk, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mendengarkan musik beberapa menit karena ini akan sangat mempengaruhi mood anda.