Loading...

11 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan  

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

kemangi

TERUSKAN.COM – Kemangi adalah tumbuhan beraroma yang memiliki nama latin Ocimum Basilicum. Nama ini sendiri merujuk pada aroma khas yang dikeluarkan oleh daun kemangi.

Di Indonesia sendiri, daun kemangi kerap djadikan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan demi menambah aroma yang khas, salah satunya yaitu pepes. Daun kemangi juga kerap dijadikan sebagai lalapan. A

Loading...

kan tetapi selain digunakan sebagai pelengkan masakan, tahukah anda bahwa sebenarnya daun kemangi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kami berbagi infromasi mengenai manfaat sehat daun kemangi.

Meredakan demam dan masuk angin

Daun kemangi mampu mengatasi demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya yaitu ambil beberapa daun kemangi lalu diremas bersama dengan bawang merah dan minyak kelapa. Kemudian oleskan ke bagian perut, punggung dan dada balita.

Menyehatkan mata dan mulut

Daun kemangi mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, daun mint kemangi juga dapat menyegarkan bau mulut.

Melancarkan ASI

Daun kemangi segar diklaim dapat mengatasi bau badan dan mulut, juga memperlancar ASI. Sehingga bagi anda para ibu menyusui bisa secara rutin mengonsumsi daun kemangi.

Menopause

Kemangi mampu menghambat menopause karena mengandung zat triptofan. Untuk itulah anda bisa mengkonsumsi daun kemangi secara rutin untuk menunda masa menopause.

Anti inflamasi

Kemangi adalah anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bengkak serta ampuh dalam mengatasi radang sendi. Kemangi juga menjadi sumber kalsium yang baik yang diperlukan tulang untuk mencegah osteoporosis.

Mengatasi keputihan

Kemangi memiliki kandungan senyawa eugenol yang mampu membunuh jamur yang memicu keputihan. Sehingga ketika anda mengalami keputihan, maka anda bisa mengonsumsi daun kemangi baik dijadikan sebagai lalapan atau pepes.

Meredakan batuk

Kemangi dianggap sebagai salah satu obat alami yang mampu meredakan batuk. Jadi  saat anda merasa tenggorokan anda tidak enak karena batuk, maka sebaiknya anda mengonsumsi daun kemangi ini untuk mengatasinya. Kemangi dianggap manjur untuk mengatasi batuk.

Merangsang pertumbuhan sel telur

Daun kemangi memiliki kandungan stigmaasterol yang dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi). Zat tersebut berperan untuk merangsang pematangan sel telur.

Antiradang

Kemangi juga memiliki kandungan lainnya yaitu eugenol, cineole dan myrcene yang berperan sebagai antibiotik alami serta anti peradangan.

Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan sejumlah penelitian, daun kemangi ternyata memiliki kandungan yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan magnesium dan betakaroten. Keduanya adalah mineral penting yang dapat menjaga serta memelihara kesehatan jantung.

Mengatasi stroke

Kemangi mengandung isoflavon yang mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi serta meningkatkan fungsi pembuluh adrah nadi pada pasien stroke. Jadi kemangi ini memang kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk membantu pasien-pasien stroke.

**

Nah itulah berbagai manfaat yang dimiliki daun kemangi. Selain itu daun kemangi juga cocok dikonsumsi oleh para perokok saat ingin merokok. Hal ini lantaran kekuatan antioksidannya dapat memperbaiki sistem yang rusak yang diakibatkan nikotin. Kemangi juga dapat meredakan stres, mengatasi batu ginjal serta mencegah diabetes.