Loading...

9 Cara Mencegah Asam Lambung Demi Menghindari Refluks

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Keluarga, Kesehatan

asam lambung

TERUSKAN.COM – Apakah anda pernah mengalami kondisi di mana dada sampai leher anda terasa tidak nyaman, seperti panas dan terbakar? Jika iya, maka kondisi ini biasa disebut refluks asam.

Refluks asam yaitu kondisi di mana asam lambung mengalami kenaikan ke esofagus. Hal ini dikarenakan tidak sempurnanya katup antara lambut dan esofagus.

Loading...

Jika anda merasakan dada panas seperti terbakar, ini bisa jadi gejala awal anda terkenal refluks asam. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya refluks. Faktor-faktor tersebut yaitu kehamilan, kegemukan, berbaring, merokok dan sembelit.

Cara Menghindari Refluks Dengan Mengendalikan Asam Lambung

Selama ini, banyak orang yang menggunakan obat untuk menangani refluks yang diklaim dapat mengurangi asam lambung. Padahal tidak hanya itu, pengelolaan asam lambunglah yang dapat mencegah refluks.

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi asam lambung, antara lain :

1. Mengurangi berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 453 responden membuktikan bahwa kelebihan berat badan (obesitas) yaitu faktor resiko dari gejala asam lambung. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi sayuran, makanan berserat serta karbohidrat kompleks, yang diklaim dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Minum air satu jam sebelum makan

Sebagian besar peneliti mengungkapkan bahwa refluks dipicu karena dehindrasi pada saluran pencernaan atas. Akan tetapi, dengan meminum banyak air di saat makan dapat membuat perut cepat penuh, serta memicu refluks. Oleh karena itulah, sebaiknya minum air satu jam sebelum makan dan hindarilah meminum air ketika sedang makan.

3. Mengurangi makanan yang memicu terjadinya refluks

Fakta terbaru membuktikan bahwa makanan-makanan sehat seperti tomat, bawang putih, jeruk serta makanan lainnya dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya refluks. Meskipun sifatnya kondisional, sebaiknya anda tetap waspada ketika mengonsumsi makanan-makanan itu.

4. Hindari stres

Stres adalah salah hal yang dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya yaitu refluks asam lambung. Sebuah riset menunjukkan bahwa mereka yang tengah stres akan mengalami peningkatan tekanan darah tinggi serta gejala refluks.

5. Hindarilah mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan

Menurut sejumlah riset, mengurangi gula serta makanan yang mengandung karbohidrat berlebih dapat membantu anda terhindar dari gejala refluks. Bahkan penelitian membuktikan bahwa karbohidrat memiliki peran yang lebih besar dalam memicu refluks, dibandingkan dengan kopi atau lemak.

6. Cukup tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kurang tidur pada malam hari cenderung terkena refluks pada keesokan harinya. Untuk itulah, anda dianjurkan untuk tidur yang cukup selama 7-8 jam per harinya.

7. Makan secara perlahan

Saat anda makan, sebaiknya jangan terburu-buru. Pasalnya orang yang makan dengan terburu-buru cenderung mengalami refluks. Untuk itulah saat anda makan sebaiknya perlahan serta nikmatilah hidangan yang anda santap.

8. Mengonsumsi enzim pencernaan dan probiotik

Salah satu cara yang dapat mengurangi risiko refluks yaitu dengan mengkonsumsi enzim pencernaan dan probiotik. Anda bisa mendapatkan enzin pencernaan dari sayuran serta suplemen.

9. Mengurangi gluten

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala refluks kerap dijumpai pada mereka yang memiliki penyakit seliak. Penyakit seliak yaitu penyakit keturunan yang ditandai dengan terjadinya alergi karena intolerasi gluten (mirip dengan protein yang terdapat pada barley, tepung terigu serta gandum hitam).