Loading...

8 Tips Sederhana Atasi Flu Yang Mengganggu

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

cara atasi flu

TERUSKAN.COM – Influenza (Flu) adalah penyakit menular yang diakibatkan virus RNA. Gejala yang timbul biasanya badan menggigil, nyeri tenggorokan, demam, nyeri otot, sakit kepala dan batuk-batuk.

Flu memang menjadi salah satu penyakit yang mengganggu, si penderita yang mengidap flu berat akan mengalami kondisi hidung yang kerap mengeluarkan ingus. Akibatnya hidung menjadi merah karena anda keseringan membuangnya menggunakan tisu atau handuk kering.

Loading...

Sebenarnya flu cukup mudah diatasi. Apalagi saat ini banyak sekali obat-obatan khusus untuk mengurangi flu. Akan tetapi jika anda ingin mengobati flu dengan cara alami tanpa adanya efek samping, maka anda bisa mengikuti beberapa tips atasi flu di bawah ini :

1. Perbanyak minum air putih

Mengapa harus air putih? Hal ini karena air putih memang memiliki banyak manfaat di antaranya adalah mengobati penyakit flu (pilek).

Usahakanlah untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Hal ini akan membantu menjaga tenggorokan selalu dalam keadaan bersih sehingga terhindar dari kuman yang memicu terjadinya flu.

2. Mengonsumsi minuman hangat

Tidak hanya mengonsumsi air putih, anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat seperti air teh hangat, air putih hangat dan lain sebagainya. Hal ini lantaran saat flu tentunya ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, keringat dan ludah.

Untuk itulah anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi minuman hangat dengan tujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Minuman hangat juga mampu mencegah dehidrasi, mengurangi hidung tersumbat serta melegakan tenggorokan.

3. Istirahat total

Kondisi tubuh yang lelah tentunya memicu melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit pun dapat dengan mudah menyerang, contohnya flu.

Oleh karena itulah anda sangat disarankan untuk beristirahat dengan cukup dan berhenti beraktivitas yang berlebihan untuk sementara demi normalnya sistem kekebalan tubuh dan tubuh kembali fit.

4. Mengonsumsi buah dan sayuran

Ketika kondisi tubuh anda lemah, maka sistem kekebalan tubuh juga ikut melemah.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi buah ataupun sayur-sayuran karena kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga anda pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Menggunakan bawang

Bawang yang kerap dikenal sebagai pelengkap masakan, ternyata juga bisa diandalkan untuk mengatasi flu. Aroma bawang-bawangan dapat berperan sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan serta membersihkan hidung. Anda bisa memegang bawang di bawah hidung dan hirup aromanya selama 5 menit.

6. Mandi dengan air hangat

Ketika anda flu, hindarilah mandi dengan air dingin. Sebaiknya gunakan air hangat karena ini dapat membantu menjaga tubuh anda tetap hangat.

7. Mengonsumsi madu dan jahe

Madu memang memiliki rasa yang enak dan juga kaya akan manfaat. Madu juga dikenal baik bagi kesehatan. Jika anda sedang terserang flu, maka anda bisa menggunakan madu untuk membantu menguranginya. Madu ini bisa anda kombinasikan dengan tanaman jahe.

Caranya yaitu dengan mengambil 2 ruas jahe, lalu parut dan campurkan dengan madu. Konsumsilah ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

8. Konsumsi rempah-rempah yang memberikan rasa hangat

Anda bisa mengonsumsi rempah-rempah yang memiliki rasa hangat seperti jahe, kencur, sereh atau kemangi. Anda juga bisa menyatukan semua rempah-rempah tersebut dan rebus menggunakan air dan minumlah rebusannya secara berkala hingga flu anda sembuh.