Loading...

4 Tips Mempersiapkan Materi Presentasi

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Bisnis, Dunia Karir, Pendidikan

presentasi

TERUSKAN.COM – Presentasi merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Karena kita harus menjelaskan dengan baik agar orang yang menjadi peserta presentasi dapat mengerti apa yang kita sampaikan dan dapat memahaminya dengan baik.

Lalu, siapakah yang biasanya sering menghadapi presentasi? Presentasi umumnya dilakukan oleh para pebisnis di perusahaan, atau biasa dilakukan oleh kalangan terpelajar.

Loading...

Contoh: guru atau dosen yang mengajar di kelas, dan mahasiswa yang kebetulan mendapat tugas kelompok atau individu yang harus dipresentasikan di depan kelas. Atau kegiatan mahasiswa yang harus memberikan presentasi atas proposal yang telah diajukan pada pihak yang bersangkutan.

Biasanya, guru atau dosen lebih menyenangi presentasi dengan menggunakan power point karena lebih efektif dan efisien. Begitu juga dengan mahasiswa, biasanya presentasi dengan menggunakan power point akan lebih mudah dan lebih praktis.

Nah, tahukah anda bagaimana caranya agar presentasi kita berhasil? Apakah harus mempersiapkannya terlebih dahulu? Tentunya kita harus mempersiapkan segalanya agar presentasi kita berhasil.

Bagaimana dan apa saja yang harus kita persiapkan agar presentasi yang akan kita sampaikan menjadi berhasil?

Tenang! Berikut tips mempersiapkan materi presentasi dengan baik agar mendapatkan hasil yang terbaik. Caranya cukup mudah. Mari kita kupas tuntas di bawah ini.

Menyiapkan Bahan Presentasi

Hal yang dapat kita lakukan sebelum menghadapi presentasi adalah menyiapkan bahan. Bahan-bahan yang sekiranya kita butuhkan dan diperlukan sebaiknya disiapkan terlebih dahulu. Bahan dalam presentasi bisa berupa bahan materi yang akan dipresentasikan atau alat bantu (peraga) demi mendukungnya presentasi kita nanti.

Usahakan ketika mencari bahan materi kita harus mempunyai referensi sebanyak mungkin, karena dengan memiliki wawasan yang luas akan membantu sekali dalam presentasi kita nanti, terutama untuk bahan materi.

Terlebih dengan didukungnya oleh alat peraga, demi tercapainya maksud dan tujuan dari presentasi yang akan kita sampaikan.

Membuat Power Point

Tidak hanya didukung oleh materi saja jika presentasi yang kita lakukan ingin berjalan sukses. Namun juga harus didukung oleh slide show/power point yang semenarik mungkin.

Backgroundnya, huruf, transisi setiap slidenya, dan point-point penting yang dimunculkan agar peserta presentasi menjadi tertarik dan tidak merasa jenuh dan bosan.

Berlatih

Jika materi dan power point sudah jadi. Maka, hal yang sebaiknya kita lakukan adalah berlatih. Dimulai berlatih dalam berbicara, bagaimana pembukaannya, lalu bagaimana kita menarik perhatian peserta presentasi, dan bagaimana kita harus menutupnya.

Usahakan berlatih berdasarkan urutan slide yang telah kita buat berdasarkan power point karena itu akan lebih memudahkan kita.

Tampil dengan Percaya Diri

Tampillah dengan percaya diri. Tentunya dengan cara dan gaya anda sendiri. Selain dapat meningkatkan percaya diri yang kuat, tidak ada salahnya jika anda melakukannya.

Karena jauh sebelum anda tampil, anda telah menyiapkan segalanya untuk presentasi anda, dan presentasi yang akan anda sampaikan bukanlah presentasi yang biasa-biasa saja. Tentunya sebelum anda menaklukkan orang lain, maka taklukkanlah diri anda terlebih dahulu.

**

Demikianlah hal yang harus kita lakukan ketika menghadapi presentasi. Dengan mempersiapkan segalanya sebelum presentasi akan membuat kita menjadi lebih percaya diri. Dan apa yang ingin kita sampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik.