Loading...

Tips Sukses Gunakan Twitter dalam Bisnis

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Bisnis, Internet

memanfaatkan twitter untuk bisnis

TERUSKAN.COM – Di era globalisasi yang sarat dengan kemajuan teknologi di berbagai bidang sekarang ini, seiring dengan laju kepadatan serta mobilitas manusia yang semakin tinggi, tidak dapat diabaikan bahwa kehadiran internet sangat berpengaruh besar pada hampir setiap kebutuhan.

Bersumber dari Wikipedia bahasa Indonesia, Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan. Twitter didirikan pada tanggal 21 Maret 2006di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Loading...

Www.invonesia.com merangkum 10 media sosial paling populer di Indonesia, salah satunya adalah Twitter yang menempati urutan ke-6 setelah Google, Facebook, Youtube, Kaskus dan WordPress. Dalam artikel itu disebutkan bahwa Twitter merupakan media sosial berbentuk microblogging terpopuler di Indonesia.

Jumlah pengguna Twitter di Indonesia sekitar 6,5% jumlah pengguna Twitter dunia atau lebih dari 32,5 juta pengguna. Ini menempatkan Indonesia sebagai negara pengguna Twitter terbanyak ke-3 di dunia setelah Amerika Serikat dan Jepang.

Selain untuk mencari teman lama maupun teman baru, media sosial juga dijadikan ajang berbisnis yang paling diminati karena kemudahannya mencapai akses tak terbatas ruang, waktu dan jumlah pembaca.

Artinya, berbisnis melalui media sosial bisa dilakukan di manapun dan kapanpun dan mampu menjangkau klien maupun partner hingga ratusan bahkan ribuan orang dan tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga bisa dari luar negeri.

Untuk dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan twitter, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda lancar dan sukses:

– Membuat nama akun atau kata kunci yang menarik

Buatlah nama akun atau search keywords yang menarik, mudah diingat dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, tidak harus berupa nama toko Anda, tetapi bidang yang dijalani, misalnya mainan anak, jasa konsultan, desain arsitektur, percetakan murah, dan lain-lain.

Anda juga bisa menggunakan Hashtags untuk mengatur tweet Anda di sekitar kata kunci atau topik tertentu.

– Mencari follower

Carilah follower sebanyak-banyaknya. Jika nama akun Anda menarik dan Anda seringkali membagi tweet yang bermanfaat, follower akan datang dengan mudah.

– Sering membagi tweet (berkicau)

Dengan seringnya Anda berkicau, baik dengan tweet Anda sendiri atau retweet dari akun lain (tentunya yang bermanfaat atau isinya cocok dengan bisnis Anda), maka informasi mengenai bisnis Anda akan banyak dilihat pula. Jika perlu gunakan aplikasi hootsuite atau socialoomph untuk menjadwal kicauan sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membagi tweet.

Dan sebaiknya Anda juga sering mengubah topik dalam tweet Anda agar follower Anda tertarik dan tidak bosan. Buatlah tweet yang unik, menarik, dan jika perlu berikan diskon atau bonus dalam promosi bisnis Anda.

– Selipkan tautan ke website Anda

Selain membagi tweet mengenai info atau pesan bermanfaat, jangan lupa arahkan follower Anda untuk melihat website bisnis online yang sudah Anda buat.

– Berinteraksi dan bekerja sama dengan akun lain

Banyak berinteraksi dengan akun lain bisa mengarahkan kepada kerja sama. Anda bisa menggunakan tools pengukuran seperti Klout untuk mengetahui follower yang aktif mengikuti Anda.

Jika Anda menemukan akun lain yang sesuai dengan bisnis Anda, bisa diajak kerja sama untuk saling mempromosikan. Menambah partner bisnis bisa menghasilkan bertambahnya pelanggan/klien Anda.

**

Selamat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan media sosial, semoga Anda tidak hanya meraih keuntungan materi tetapi juga pengetahuan dan kawan.