Loading...

7 Makanan Terbaik Untuk Gigi Sehat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Makanan Terbaik Untuk Gigi Sehat

TERUSKAN.COM – Ada berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan makanan lain yang baik untuk kesehatan gigi dan harus Anda coba. Menyikat gigi dua kali sehari dan berkumur setiap hari dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik namun Anda juga harus menaruh perhatian dengan apa yang Anda masukkan ke dalam mulut.

Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu ternyata berbahaya bagi gigi Anda, seperti minuman bersoda dan permen kenyal. Jenis makanan ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan plak.

Loading...

Untuk itu, berikut kami bagikan pada Anda beberapa daftar makanan yang membantu menjaga kesehatan gigi Anda, selain menyikat gigi.

1. Minyak Kelapa

Percaya atau tidak, ada minyak jenis tertentu yang memberi manfaat untuk gigi Anda. Minyak kelapa khususnya dikenal karena sifat antimikroba dan merupakan pembunuh sejumlah virus dan bakteri. Berkumur dengan minyak kelapa sebelum menyikat gigi juga efektif menghilangkan bau mulut.

Minyak wijen atau minyak bunga matahari juga dapat Anda gunakan, tapi lebih baik menggunakan minyak kelapa karena membantu melawan munculnya plak, gingivitis, gigi berlubang, dan radang gusi.

2. Telur

Telur adalah salah satu dari banyak makanan yang tinggi kandungan fosfor-mineral yang membantu dalam pembentukan tulang dan gigi. Telur juga membantu memproduksi enamel gigi yang rusak karena makanan asam yang juga menyebabkan kerusakan lesi dan luka lainnya.

Untuk menggantikan mineral yang hilang, mengonsumsi makanan yang sangat terkonsentrasi di fosfor akan menjaga gigi dari pembusukan. Makanan lain seperti ikan dan jenis-jenis daging juga baik untuk kesehatan gigi.

3. Keju

Keju secara langsung akan mengubah tingkat pH pada mulut Anda. Selain itu, saat Anda  mengonsumsi makanan asam sepanjang hari, keju akan menghancurkan semua asam plak pada permukaan gigi karena tinggi akan kandungan kasein yang membantu memperkuat gigi.

Keju juga membantu menetralkan asam dan zat korosif yang keras lainnya.

4. Cranberry

Cranberry segar membantu menurunkan risiko gigi berlubang dan penyakit gusi. Tart atau cake yang menggunakan berry merah mengandung senyawa yang disebut polifenol. Senyawa ini membantu menekan noda dan penumpukan plak.

5. Pir

Pir dikatakan lebih baik dari pada mengkonsumsi apel dan pisang menyangkut masalah hgigi, mengapa? Pir membantu memecah keasaman dan kerusakan gigi.

Tidak hanya itu, buah ini juga merangsang jumlah air liur yang merupakan cara untuk menyingkirkan bakteri mulut. Semakin banyak air liur yang Anda hasilkan, semakin sedikit masalah mulut karena bakteri.

6. Wortel

Rasa renyah dari wortel membantu  menyingkirkan plak membandel. Saat Anda mengunyah makanan yang berstruktur keras,  wortel akan membantu meminimalkan resiko kerusakan dan sisi makanan yang tertinggal di gigi.

7. Susu

Tentu saja,  susu membantu memperkuat gigi. Seperti keju, susu akan mengurangi dan menetralisir tingkat keasaman pada mulut. Minum susu tanpa menambahkan pada sereal akan memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan gigi.

Setelah mengonsumsi makanan manis, minum segelas susu akan membantu mengatasi masalah gigi berlubang.

Bukan hanya dari jenis makanan yang akan merusak gigi Anda, membatasi asupan  cuka, anggur, buah-buahan sitrat, dan  permen akan membantu merawat gigi tetap sehat dan kuat.

Semoga bermanfaat.