Loading...

5 Manfaat Santan Kelapa Untuk Kecantikan Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan

manfaat-santan

TERUSKAN.COM – Santan kelapa adalah bahan masakan yang cukup populer digunakan pada beberapa jenis masakan bagian Asia Tenggara. Karena santan kelapa yang kaya nutrisi, vitamin, bertekstur lembut, membuatnya sering dipilih untuk digunakan sebagai bagian dari makanan penutup.

Bahkan,yang lebih mengejutkan, santan kaya akan kalsium dan vitamin yang dianggap cocok sebagai pengganti susu untuk mereka yang tidak menyukai produk susu hewani.

Loading...

Selain itu, akhir-akhir ini juga telah ditemukan bahwa santan cukup menguntungkan untuk kulit Anda ketika digunakan. Anda mungkin sudah tahu santan digunakan nenek moyang sebagai pelembab alami untuk rambut, namun untuk kulit mungkin hal yang baru untuk Anda.

Apa saja manfaat santan untuk kulit Anda ?

1. Melembabkan Kulit

Menggunakan santan kelapa segar pada  kulit memberikan efek pelembab yang sangat baik untuk kulit. Setelah mengoleskan santan pada kulit, diamkan sekitar setengah jam lalu bilas. Santan kelapa membuat kulit menjadi halus, lembut dan lentur, dan juga memerangi kekeringan pada kulit.

Anda dapat mencampurnya dengan air mandi dengan menggunakan perbandingan yang sama untuk menyingkirkan masalah kulit kering. Untuk memberikan efek wangi atau aroma,  tambahkan air mawar atau minyak lavender yang juga bekerja sebagai aroma terapi.

2. Membersihkan MakeUp

Eyeliner yang sulit untuk dibersihkan, akan hilang dengan mudah saat menggunakan santan kelapa. Anda bahkan dapat mencampur santan dengan minyak kelapa atau baby oil dengan perbandingan 1: 2 untuk hasil yang lebih baik.

Santan kelapa akan membantu mengangkat dan membersihkan bahan kimia yang terjebak dalam pori-pori dan membuat kulit terhidrasi dan terpelihara dengan baik.

3. Sebagai Pengobatan Sunburns

Salah satu pengobatan rumah yang paling aman untuk mengatasi masalah sunburns adalah dengan menerapkan santan. Oles tipis bagian kulit yang terbakar  dan ruam untuk menenangkan, mendinginkan kulit, mengurangi kemerahan dan mempercepat penyembuhan.

4. Mencegah Penuaan

Karena tingginya kandungan tembaga dan vitamin C pada santan, membuatnya sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah dari munculnya garis-garis halus dan kerutan. Menerapkan santan pada wajah secara teratur adalah cara tepat untuk memerangi tanda-tanda penuaan pada kulit Anda.

5. Menghindarkan Dari Penyakit Kulit

Beberapa masalah kulit seperti psoriasis atau eksim dapat diobati dan disembuhkan dengan menggunakan santan. Anda bahkan dapat menyingkirkan masalah kulit kering dengan menerapkan santan secara teratur pada daerah bermasalah.

**

Tak perlu diragukan lagi, santan kelapa memberikan banyak keuntungan hampir untuk keseluruhan tubuh. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan dapat Anda rasakan. Mengonsumsi santan dari beberapa jenis masakan juga membantu untuk pemulihan masalah kesehatan atau kecantikan dari dalam tubuh.

Santan kelapa bahan alami dan murah untuk digunakan. Anda bahkan tidak memerlukan perawatan mahal untuk mempercantik kulit. Dan yang paling penting, aman untuk digunakan dan terbukti.

Semoga bermanfaat.