Loading...

6 Langkah Praktis Membekukan Sayuran

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Resep

sayuran beku

TERUSKAN.COM – Banyak orang berpikir bahwa sayuran beku adalah cara terburuk untuk menikmati sayuran. Disamping sayur sudah dipastikan tidak dalam keadaan segar lagi, rasa saat diolah pun akan berbeda dengan sayuran yang masih segar.

Memang benar sayuran beku tidak begitu baik untuk dikonsumsi, tetapi jika Anda menggunakan dan menjalankan prosedur penyimpanan yang tepat maka sayuran beku tidak akan kehilangan nutrisi, tekstur atau rasa.

Loading...

Langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan agar tidak menghilangkan apa yang ada pada sayuran ? Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Bersihkan Dengan Baik

Yang pertama dari tips untuk melakukan pembekuan sayuran adalah dengan melakukan pembersihan sayuran yang baik dan teliti. Hilangkan akar dari sayuran, daun yang menguning dan bagian lainnya yang rusak karena pembusukan.

2. Pilih Sayuran Yang Masih Muda

Jika Anda ingin membekukan sayuran, pilih sayuran yang masih berumur muda untuk tetap mendapatkan nutrizi, gizi dan kesegaran nantinya. Hindari memilih sayuran tua karena hanya akan membuat Anda kecewa saat akan mengolahnya.

Untuk sayuran seperti jagung, Anda harus lebih berhati-hati memilih tongkol yang masih muda dan membuang kulut bahkan bulu halus yang biasanya terdapat pada jagung.

3. Lakukan Perebusan

Meskipun Anda bertujuan untuk membekukan sayuran, lakukan perebusan terlebih dahulu akan lebih baik. Didihkan sayuran dalam air panas selama beberapa menit yang akan menghilangkan sebagian besar bakteri dan juga menjaga warna tetap hijau.

sayuran beku

4. Gunakan Kemasan

Ketika akan membekukan makanan, pastikan meletakkan sayuran dalam kemasan. Ingat, udara di freezer sangat kering yang dapat menyebabkan terjadinya pembekuan atau membuat sayuran kehilangan rasa asli sepenuhnya.

Karena itu, penting untuk Anda meletakkan sayuran dalam kemasan atau kantung yang akan mengurangi tingkat kelembaban yang akan membuatnya tetap terasa enak.

5. Hindari Membekukan Sayuran Dalam Keadaan Panas

Setelah merebus sayuran, biarkan sayuran dingin secara alami sebelum dimasukkan dalam freezer.

Saat Anda memasukkan sayuran yang masih dalam keadaan panas hanya akan memberikan kesempatan untuk bakteri untuk tumbuh dan mengacaukan sistem pendingin kulkas Anda.

6. Beri Label

Apapun yang Anda bekukan harus selalu ditandai dengan nama dan tanggal pembekuan. Ini akan membantu Anda lebih mudah menemukan dan mengetahui sudah berapa lama sayuran tersebut Anda bekukan.

Pembekuan sayuran mungkin tidak dapat dikatakan sehat, tetapi tips ini akan membantu Anda membuat sebagian besar proses dan memastikan sayuran beku Anda akan tetap memiliki rasa yang sama.

**

Demikian beberapa tips dan cara membekukan sayuran yang dapat Anda coba. Meskipun cara ini akan membantu Anda untuk tetap bisa menikmati jenis sayuran apapun dan kapanpun, sayuran segar dan tanpa proses pembekuan tetap menjadi pilihan yang lebih sehat.

Selain itu, saat Anda melakukan pembekuan sayuran sebaiknya tidak lebih dari satu bulan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.