Loading...

Tips Menyimpan Dan Merawat Aksesoris

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fashion, Wanita

menyimpan-perhiasa

TERUSKAN.COM – Mengapa anting-anting mutiara terlihat kuning? Pernahkah Anda mempertanyakan apa penyebabnya? Jangan salahkan toko perhiasan tempat Anda membeli, karena kesalahan bukan disebabkan dari toko, kualitas atau kondisi dari toko tempat awal Anda membeli.

Salah satu penyebab mengapa perhiasan menjadi kuning bisa dilihat dari tempat Anda menyimpannya atau bagaimana Anda membiarkannya begitu saja tanpa melakukan perawatan.

Loading...

Selain itu banyak faktor seperti kelembaban, debu atau aksesoris Anda yang bersentuhan langsung dengan logam lain sehingga membuatnya lebih cepat rusak. Karena itu, sangat penting untuk Anda memisahkan aksesoris sesuai dengan bahan dan jenisnya.

Meskipun harganya mungkin tidak semahal emas asli atau emas putih, tetapi untuk aksesoris yang cukup trendi dan menunjang penampilan Anda saat digunakan sehari-hari penting untuk tetap melakukan perawatan sederhana. Banyak perawatan yang harus dilakukan sebelum Anda menyimpan perhiasan.

Anda dapat menyimpan perhiasan secara terpisah dengan beberapa tips dasar. Anting-anting, kalung, liontin, cincin, rantai panjang, apapun itu akan lebih baik saat Anda menyimpannya dengan cara terpelihara dan baik sehingga perhiasan anda dapat awet dan lama masa pakainya.

1. Kalung

Menyimpan perhiasan campuran, terutama kalung hanya akan merusak potongan. Jadi cobalah untuk menyimpan kalung dengan cara menggantungnya.

Untuk kalung jenis manik-manik disimpan dengan cara melingkar di dalam kotak sehingga akan mengurangi resiko putus. Sedangkan untuk kalung jenis besi atau halus, Anda dapat menggantungnya.

menyimpan-perhiasa

2. Pernak-pernik

Jika Anda memiliki pernak-pernik yang lebih halus dan mahal, simpan dan lakukan perawatan. Gunakan kotak katun lembut untuk mencegah kerusakan akibat gesekan dan potongan-potongan perak agar tetap utuh.

3. Bangles

Bangles atau gelang dengan ukuran besar dan bermotif dapat disimpan sesuai dengan jenisnya seperti kaca, logam, kayu dan plastik. Jika Anda memiliki sebuah kotak besar dengan kompartemen, Anda dapat menggunakannya sebagia tempat penyimpanan.

4. Anting

Ada banyak jenis anting-anting, seperti dengan ukuran kecil atau besar, danglers, anting-anting batu yang berat dan loop. Untuk anting yang berukuran kecil bisa Anda simpan dalam kotak yang dialas dengan styrofoam atau bahan lunak untuk menancapkannya atau menyimpannya saja.

Sedangkan untuk anting yang berukuran lebih besar dan berbentuk, Anda dapat menggunakan gantungan untuk memudahkan Anda saat akan menggunakannya.

menyimpan-perhiasa

5. Cincin

Gunakan sebuah kotak untuk menyimpannya. Cincin dengan batu harus disimpan dengan benar bahkan jika Anda tidak menggunakannya. Anda dapat menggunakan kreativitas Anda untuk membuat beberapa tempat penyimpanan perhiasan.

6. Perhiasan Mutiara

Untuk perhiasan jenis mutiara membutuhkan perawatan ekstra saat menyimpannya. Mutiara akan lebih mudah rusak karena keringat dan kelembaban.

Jadi, setelah memakainya, pastikan bahwa Anda telah membersihkannya dengan kain lembut atau kertas tisu untuk menghilangkan keringat lalu menutupinya dengan kain kering atau kertas lalu menyimpan.

**

Demikian beberapa tips menyimpan dan merawat aksesoris. Untuk tempat penyimpanan dapat Anda buat sendiri atau membeli di toko tempat Anda membeli aksesoris tersebut. Pastikan tempat menyimpan perhiasan bersih dan kering untuk menghindari munculnya bakteri, jamur dan karat yang akan merusak aksesoris.

Semoga bermanfaat.