Loading...

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

Daun Bawang

TERUSKAN.COM – Daun bawang adalah salah satu bumbu masak yang hampir selalu ada di setiap masakan. Mulai dari marabak telor, telur dadar hingga sup. Kadang-kadang juga daun bawang kerap digunakan sebagai bumbu tabur pada soto.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa selain itu ternyata daun bawang juga baik bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini lantaran daun bawang mengandung vitamin A, D, K, kalsium, asam folat, protein, potassium, lemak, serat, karbohidrat dan rendah kalori.

Loading...

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata
Mata adalah bagian dari tubuh manusia yang sangat penting, sehingga penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Nah dengan mengonsumsi daun bawang maka dapat membantu menjaga kesehatan mata. Dalam daun bawang mengandung pro vitamin A.

2. Menjaga kesehatan tulang
Daun bawang mengandung vitamin C, K dan kalsium yang baik untuk tulang. Tulang adalah bagian penting yang membentuk tubuh manusia. Oleh karena itulah penting dijaga kesehatannya.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh
Daun bawang kaya akan antioksidan quercetin dan kemferol. Kedua zat tersebut baik bagi kulit serta mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Oleh karena itulah daun bawang baik dikonsumsi untuk mengatasi demam, pilek dan flu.

4. Menyehatkan sistem pencernaan
Kesehatan sistem pencernaan penting untuk diperhatikan. Nah untuk menjaga sistem pencernaan ini, anda bisa mengonsumsi daun bawang. Kandungan seratnya yang cukup tinggi cukup ampuh menyehatkan sistem pencernaan serta mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit.

5. Menyehatkan jantung
Daun bawang mampu menjaga kesehatan jantung berkat senyawa cycloalliin. Senyawa ini dapat membantu mengencerkan darah sehingga menyumbat terjadinya penggumpalan darah dan meminimalisir terkena aterosklerosis.

6. Mencegah diabetes
Daun bawang juga memiliki khasiat mencegah diabetes. Hal ini karena daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alili disulfida. Kedua zat tersebut mampu meningkatkan metabolisme glukosa serta mencegah degradasi insulin

Manfaat Daun Bawang Bagi Kecantikan

Selain terkenal berkhasiat bagi kesehatan, daun bawang juga baik bagi kecantikan, antara lain :

1. Mengatasi jerawat
Daun bawang mengandung zat allicin yang bersifat sebagai antibakteri. Sehingga daun bawang ini mampu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah dengan memotong daun bawang atau ditumbuk dan aplikasikan pada wajah.

2. Mencegah penuaan dini
Daun bawang memiliki banyak kandungan, mulai dari vitamin A, C, E dan K seta antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang akan merusak keremajaan kulit anda.

3. Mencerahkan kulit
Kandungan vitamin C terdapat di dalam daun bawang mampu mencegah pigmentasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

**

Nah itulah berbagai kandungan serta manfaat daun bawang bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi mulai sekarang mungkin anda bisa rutin mengkonsumsi daun bawang. Anda bisa mengolahnya sebagai tambahan dalam masakan yang anda buat.

Memang rasanya yang pahit dan bau yang ditimbulkan setelah mengonsumsi daun bawang terasa kurang sedap, tapi dengan kandungan dan khasiatnya yang baik tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Dengan mengonsumsi daun bawang, kesehatan tubuh anda pun akan lebih terjaga.