Loading...

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Kacang Hijau

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

kacang-hijau

TERUSKAN.COM – Kacang hijau adalah tanaman berjenis polong-polongan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti vitamin, protein, fosfor, serat, kalsium dan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh.

Kacau hijau tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Apalagi makanan ini dapat dengan mudah didapatkan karena harganya yang relatif murah. Kacang hijau biasa dijadikan olahan makanan berupa onde-onde, kue, bubur kacang hijau, sereal untuk anak-anak serta puding.

Loading...

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Kandungan kacang hijau ini sangat banyak, antara lain :

1. Asam lemak esensial, yaitu omega 3 yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta mengandung omega 3.

2. Tinggi serat. Dengan kandungan serat yang tinggi, kacang hijau ini dapat mencegah konstipasi dan melancarkan sistem pencernaan.

3. Tinggi protein. Kacang hijau mengandung protein tinggi serta sumber protein nabati.

4. Antioksidan. Kacang hijau memiliki kandungan fitosterol yang berperan sebagai antioksidan.

5. Vitamin. Vitamin yang terdapat di dalam kacang hijau adalah vitamin A, B1, B6, C, thiamin, asam folat, niasin, riboflavin serta pantothenat yang mampu membantu meningkatkan metabolisme serta energi.

kacang-hijau

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kacang hijau sangat baik bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Kolesterol
Kandungan kalori rendah namun memiliki lemak tak jenuh yang cukup tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol

2. Kesehatan mata
Kandungan vitamin A di dalam kacang hijau sangat baik dalam menjaga kesehatan mata

3. Kanker usus
Serat tinggi yang terkandung di dalam kacang hijau sangat baik untuk membantu membersihkan pencernaan dari zat-zat beracun yang akan meminimalisir terjadinya gangguan di pencernaan (kanker usus)

4. Penyembuhan luka
Vitamin A sangat baik dala membantu proses penyembuhan luka pada kulit dan menjaga kesehatan jaringan tubuh

5. Melancarkan aliran darah
Kacang hijau cukup efektif dalam mengatasi lemak jenuh di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh

6. Sebagai antioksidan
Kacang hijau berperan sebagai antioksidan dalam kacang hijau yang mampu membantu mencegah penuaan dini dan mencegah kanker

7. Meningkatkan sistem syaraf
Vitamin B1 yang terdapat di dalam kacang hijau mampu meningkatkan kinerja sistem syaraf

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kacang hijau mengandung phosphor dan kalsium yang akan berperan dalam regenerasi pembentukan tulang dan gigi serta menjaga kesehatan keduanya

9. Pembentukan sel baru
Protein lengkap di dalam kacang hijau sangat baik dalam membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otak dan berbagai organ tubuh yang lainnya

**

Nah itulah berbagai khasiat kacang hijau yang bisa anda ketahui. Banyak sekali, bukan? Jadi mulai sekarang anda tahu bahwa kacang hijau ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kacang hijau mudah ditemukan saat ini sehingga anda tidak perlu khawatir. Harganya pun cukup murah. Kacang hijau memang familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan manis saat dikelola menjadi suatu makanan. Anda bisa mengonsumsi kacang hijau dengan berbagai cara. Yang paling populer tentu saja dijadikan sebagai bubur kacang hijau.

Dengan begitu banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, maka masih ragukah anda untuk mengonsumsi kacang hijau?