Loading...

Cara Meningkatkan Performa Satria FU 150

Penulis: Ahmad Wiyoto Rubrik: Otomotif

Satria FU 150

TERUSKAN.COM – Para bikers tentu menyukai tampilan dari Suzuki Satria FU 150 yang terlihat modern dan macho, belum lagi performa mesin yang diusung oleh motor bebek ini sangat garang. Suzuki Satria FU 150 mempunyai dapur pacu mesin tangguh bertipe DOHC dengan kapasitas 150 cc yang menjadikannya primadona di aspalan tanah air.

Namun, ada bikers yang masih kurang puas terhadap performa mesin Satria FU sehingga mereka melakukan modifikasi pada beberapa bagian mesin motor bebek yang mendapatkan julukan sebagai sepeda motor bebek terfavorit di Indonesia ini.

Loading...

Belajar Cara Meningkatkan Performa Satria FU Untuk Tunggangan Harian

Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang cara oprek Suzuki Satria FU 150 supaya menjadi tunggangan harian yang dapat dipacu dengan prima di jalan raya ketika berangkat ke kantor atau kuliah.

Perlu Anda ketahui dalam mengoprek performa mesin Suzuki Satria FU 150 cc dikerjakan pada beberapa komponen supaya terjadi peningkatan signifikan pada daya dan torsi sepeda bebek ini di antara yaitu :

1. Mengganti Pilot Jet Dengan Ukuran 17,5

Pilot jet milik Satria FU dianggap tidak sesuai untuk menghasilkan power yang besar sehingga Anda harus menggantinya dengan pilot jet ukuran 17,5. Anda dapat memilih pilot jet dari Shogun SP ataupun Jupiter-Z yang mempunyai harga kisaran 35 ribu rupiah.

Jika Anda ingin lebih hemat dapat memakai pilot jet merek Extreme ataupun Kitaco yang berharga sekitar 25 ribu rupiah.

2. Copot Paking Kepala Silinder

Kepala silinder milik satria FU mempunyai mempunyai beberapa lapisan paking, kami sarankan supaya Anda cukup memakai 1 lapis paking yang berada di tengah. Pengurangan paking ini bertujuan untuk menaikkan rasio kompresi pada ruang pembakaran. Apabila Anda ingin kompresi lebih baik maka copot juga paking blok bawah dan cukup memakai lem paking.

Cara modifikasi Satria FU ini sudah diujicobakan dan menghasilkan performa mesin lebih mantap tanpa ada suara tabrakan antara piston dan klep, dan rider tidak perlu khawatir terjadi kebocoran oli.

3. Perbesar Lubang In Dan Out (Porting Polish)

Perbesar lubang in dan out sehingga lebih longgar 1 mm dari ukuran sebelumnya.

Anda biasaya akan akan menelan biaya cukup mahal, jika cara modifikasi FU ini dilakukan pada bengkel resmi maka tarifnya sekitar 130 ribu rupiah, dan tarifnya lebih mahal apabila dikerjakan di bengkel umum yakni sekirat 300 ribu rupiah.

4. Rubah Karburator

Apabila Anda memakai cara ini maka kami sarankan tidak menjalankan langkah yang pertama di atas. Menurut pengalaman para modifikator bahwa karbu punya RX King ialah salah satu yang paling baik untuk satria FU dan mempunyai harga bersahabat bagi dompet Anda.

Riders dapat secara langsung memasangnya pada saluran intake manifold sampai degan filter udara standar. Pergantian spuyer juga perlu dilakukan dengan memakai jenis dan ukuran PJ 20 MJ 150. Setting kembali udara dengan 1,5 putaran ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam.

5. Perlancar Aliran Udara Pada Saringan Udara

Modifikasi Satria FU 150 cc anda akan lebih maksimal jika melepas atau melubangi elemen saringan udara. Saringan udara sebenarnya berfungsi untuk menjaga udara yang masuk kedalam ruang pembakaran tetap bersih, namun terkadang kertas saringan pada filter udara membuat aliran udara sedikit terhambat.

Apabila tidak ingin melepasnya, maka Anda cukup melubangi kertas saringan original sebanyak 3 lubang dengan dimensi panjang 4 cm dan tinggi 0,5 cm, pekerjaan ini cukup mudah untuk bikers tangani sendiri.