Antibiotik dan Cara Kerjanya

antibiotikAntibiotik

Apa itu Antibiotik

Antibiotik, juga dikenal sebagai antibakteri, merupakan jenis obat yang merusak atau memperlambat pertumbuhan bakteri. ‘Anti’ berasal dari Bahasa Yunani berarti “melawan”, dan kata ‘bios’ yang berarti “hidup” (bakteri adalah bentuk kehidupan).

Antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri adalah organisme mikroskopis, beberapa di antaranya dapat menyebabkan penyakit.

Penyakit seperti sifilis, TBC, salmonella, dan beberapa bentuk meningitis disebabkan oleh bakteri. Beberapa bakteri tidak berbahaya, sementara yang lain baik bagi kita.

Sebelum bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan gejala, sistem kekebalan tubuh biasanya dapat menghancurkan mereka. Kita memiliki sel darah putih yang menyerang bakteri berbahaya. Bahkan jika gejala memang terjadi, sistem kekebalan tubuh kita biasanya dapat mengatasi dan melawan infeksi. Namun, ada saat dimana bakteri terlalu banyak dan diperlukan bantuan dari antibiotik.

Antibiotik pertama adalah penisilin. Antibiotik yang terkait penisilin seperti ampisilin, amoksisilin dan benzylpenicillin banyak digunakan saat ini untuk mengobati berbagai infeksi – antibiotik telah digunakan untuk waktu yang lama. Ada beberapa jenis antibiotik modern dan mereka hanya tersedia dengan resep dokter di negara-negara industri.

Penggunaan Antibiotik

Menurut kamus medis Medilexicon ini, antibakteri berarti:
“Merusak atau mencegah pertumbuhan bakteri.”

Ada kekhawatiran global bahwa penggunaan antibiotik saat ini berlebihan. Penggunaan antibiotik yang berlebihan adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah infeksi bakteri yang menjadi resisten terhadap obat antibakteri.

Jika antibiotik digunakan secara berlebihan atau tidak benar ada kemungkinan bahwa bakteri akan menjadi resisten – antibiotik menjadi kurang efektif terhadap jenis bakteri.

Bagaimana antibiotik bekerja?

Meskipun ada beberapa jenis antibiotik, semuanya bekerja dalam satu dari dua cara:

- Antibiotik bakterisidal membunuh bakteri. Penisilin adalah bakterisida. Bakterisida biasanya mengganggu pembentukan dinding sel bakteri atau isi selnya.
- Bakteroistatik menghentikan bakteri melipatganda.

Interaksi Antibiotik

Antibiotik mungkin memiliki interaksi dengan obat (dengan atau tanpa resep dokter). Misalnya, klaritromisin (Biaxin, suatu antibiotik) tidak boleh diambil dengan metoclopramide (Reglan, obat sistem pencernaan).

Pastikan dokter dan apoteker tahu tentang semua obat lain sebelum Anda menggunakanl antibiotik.

(photo: kabarnesia.com)

Belum Ada Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *